[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Poster Tahapan Pilkada Terbaru? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 12 Mei 2020 19:58 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Poster Tahapan Pilkada Terbaru? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar poster yang memuat informasi terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terbaru tahun 2020. Poster tersebut menyebar secara daring melalui media sosial.

    Akun Facebook Risalbakriy mengunggah poster tersebut yang mencatut Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin, 11 Mei 2020. Pemilik akun menambahkan keterangan bertuliskan "Pilkada 2020 atau 2021".

    Pada poster tersebut, tertulis keterangan pada 30 Mei, ada tahapan pengaktifan Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). 9 Juni-1 Agustus penyelesaian bakal pasangan calon perseorangan. 4 Juni-2 Agustus pencocokan dan penelitian daftar pemilih. 27 Juni mulai pengadaan logistik, 17 Agustus-8 September pengumuman pendaftaran calon hingga penetapan. 8 September-9 November sengketa tata usaha negara pencalonan, 11 September-5 Desember kampanye, dan 9 Desember pemungutan suara.

    Pada bagian bahwa poster terdapat narasi bertuliskan: "Skema Pilkada jika di laksanakan pada 9 Desember 2020. kita masih tunggu surat resminya"


    [Cek Fakta] Beredar Poster Tahapan Pilkada Terbaru? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada poster yang memuat informasi terkait tahapan Pilakada terbaru adalah salah. KPU telah mengklarifikasi informasi tersebut.

    Dilansir Kominfo.go.id yang mengutip akun resmi Instagram KPU Garut @kpugarut menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Tahapan Pilkada pasca Perppu masih dalam proses. Berikut klarifikasinya:

    "Sehubungan telah beredar poster tentang tahapan Pilkada Terbaru yang memuat informasi tidak legal dan tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena sampai saat ini belum ada Peraturan KPU RI terbaru terkait tahapan Pemilihan Serentak. Mohon perhatikan dengan seksama poster berikut dari KPU RI"


    [Cek Fakta] Beredar Poster Tahapan Pilkada Terbaru? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada poster yang memuat informasi terkait tahapan Pilakada terbaru adalah salah. KPU telah mengklarifikasi informasi tersebut.

    Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan).  Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng suatu pihak atau lembaga.


    Referensi:
    https://www.instagram.com/p/CADIYvpF23n/
    https://www.kominfo.go.id/content/detail/26430/hoaks-poster-tahapan-pilkada-terbaru/0/laporan_isu_hoaks


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id