[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Jokowi Copot Menkopolhukam Mahfud MD? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 31 Maret 2021 15:31 WIB
    [Cek Fakta] Jokowi Copot Menkopolhukam Mahfud MD? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul Presiden Joko Widodo mencopot Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Video beredar di youtube.

    Kanal youtube 651 SAFA membagikan video ini pada 31 Maret 2021. Video berjudul "HEB0H! JKW COPOT MENKO MAHFUD MD, BIANG 'KRIBUTAN'!!" telah ditonton 6.752 orang.






    Dalam halaman sampul video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut. "Mahfud MD Dipecat Bicaranya ugal-ugalan".

    [Cek Fakta] Jokowi Copot Menkopolhukam Mahfud MD? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Presiden Joko Widodo mencopot Menkopolhukam Mahfud MD adalah salah. Faktanya tidak ada informasi terkait hal tersebut.

    Video berdurasi delapam neit tujuh detik itu, tidak ada informasi atau pernyataan dicopotnya Menkopolhukam Mahfud MD dari jabatannya. Video berisi pernyataan mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang meminta Presiden Joko Widodo mencopot Mahfud MD atas pernyaataanya terkait insiden bom bunuh diir di Makassar. 

    Dilansir suara.com, Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menyoroti pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD terkait hubungan teroris dan agama.

    Mengomentari pernyataan Mahfud MD, Natalius Pigai menyebut seharusnya Presiden Jokowi menegur Menkopolhukam itu. Pernyataan tersebut disampaikan Natalius Pigai melalui jejaring Twitter miliknya, @NataliusPigai2 pada Senin, 29 Maret 2021.

    Natalius Pigai menyebut Jokowi harus menegur Mahfud MD bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurut dia Mahfud MD tidak konsisten dalam pernyataan. Aktivis HAM itu lalu menyinggung pernyataan Mahfud MD terbaru yang menyebut tidak ada kaitannya antara bom di Gereja Katedral Makassar dengan agama.

    [Cek Fakta] Jokowi Copot Menkopolhukam Mahfud MD? Ini Faktanya

    Dilansir cnnindonesia.com, Mahfud sebelumnya mengatakan bahwa terorisme bukan hanya ada di umat agama Islam. Ia mengatakan paham-paham radikal atau bibit terorisme itu ada di setiap pemeluk agama.

    "Teroris itu perilaku menyimpang bukan hanya Islam. Semua agama punya terorisnya sendiri karena sangat radikal dalam pemahamannya," kata Mahfud MD di Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 17 Maret 2021.

    Di Indonesia, kata dia, secara umum sejak dulu organisasi-organisasi keagamaannya telah mengembangkan pemahaman yang moderat, sehingga perbedaan dipahami agar tidak sampai menjadi perpecahan.

    [Cek Fakta] Jokowi Copot Menkopolhukam Mahfud MD? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Presiden Joko Widodo mencopot Menkopolhukam Mahfud MD adalah salah. Faktanya tidak ada informasi terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
    [Cek Fakta] Jokowi Copot Menkopolhukam Mahfud MD? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210317173219-20-618776/mahfud-md-sebut-semua-agama-punya-kelompok-teroris
    2.https://www.suara.com/news/2021/03/29/130133/hubungan-teroris-dan-agama-natalius-pigai-jokowi-harus-tegur-mahfud-md?page=all
    3.https://www.youtube.com/watch?v=UtrRQ6gHlZY&t=2s


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id