[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Detik-Detik Banjir Bandang di Subang? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 23 Februari 2021 07:30 WIB
    [Cek Fakta] Video Detik-Detik Banjir Bandang di Subang? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah video detik-detik terjangan banir bandang di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Video beredar di facebook.

    Akun facebook Lebah Takiya membagikan video ini pada 19 Februari 2021. Dalam unggahannya, ia memberikan informasi.
     

    "ini banjir subang bong"


    [Cek Fakta] Video Detik-Detik Banjir Bandang di Subang? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim video detik-detik banjir bandang di Subang adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah terjangan banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

    Dilansir kompas.com, sebuah unggahan video yang merekam sebuah mobil hanyut saat terjadinya peristiwa aliran lahar dingin dari Gunung Semeru, Jawa Timur, viral di media sosial Instagram.  

    Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun @gunungindonesia pada Senin, 8 Februari 2021 pukul 19.00 WIB. Dalam keterangan video, disebutkan bahwa lahar dingin dari Semeru terjadi pada Senin, 8 Februari 2021 sekitar pukul 16.00 WIB dengan aliran lahar teramati menuju ke arah sungai Curah Kobokan.

    Dwi Nurcahyo, dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengatakan, situasi di Sungai Curah Kobokan saat ini sudah kembali normal pasca peristiwa lahar dingin kemarin. 

    Dwi mengatakan, aliran lahar dingin yang menerjang Sungai Curah Kobokan, di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo itu sudah kembali normal sejak semalam.

    Sementara kerugian yang tercatat berupa sebuah mobil yang terparkir di pinggiran sungai, dan kemudian hanyut terseret arus lahar dingin. Selain itu, banjir juga merusak pipanisasi di Desa Supiturang.  

    "Agak heboh itu kan karena ada (video) mobil yang terseret itu. Sebenarnya, ya normal saja," ujar Dwi. 

    Dia menambahkan, BPBD Lumajang telah menempatkan tim di daerah tersebut sejak kemarin sore dan pada pagi ini, untuk memantau situasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat. 

    [Cek Fakta] Video Detik-Detik Banjir Bandang di Subang? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim video detik-detik banjir bandang di Subang adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah terjangan banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    [Cek Fakta] Video Detik-Detik Banjir Bandang di Subang? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.kompas.com/tren/berita/110134965-video-viral-sebuah-mobil-terseret-lahar-dingin-semeru-ini-kronologinya?page=all
    2.https://archive.fo/wip/SVQPX


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id