[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 11 November 2020 06:30 WIB
    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan calon presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden curhat ke Presiden Joko Widodo. Joe Biden mengeluhkan sikap pendukung rivalnya Donald Trump yang menolak mengakui kekalahan di Pilpres AS.

    Akun Facebook atas nama Ahmad Amin membagikan narasi ini di media sosial facebook. Narasi dibuat dengan latar belakang perbincangan saat pertemuan saat Jokowi dan Joe Biden di Washington DC, Amerika Serikat, berikut narasinya.
     

    "Joe Biden: PAK JOKOWI PENDUKUNG TRUMP GAK TERIMA KALA NUDUH SAYA CURANG
    Jokowi: SAMA PAK.. PENDUKUNG PRABOWO UDAH SETAHUN MASIH GAGAL MOVE ON"


    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Joe Biden curhat ke Jokowi karena pendukung Donald Trump menolak kekalahan adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan mencatut foto Joe Biden yang menjabat Wakil Presiden AS menyambut Jokowi untuk jamuan makan siang saat lawatan ke Amerika Serikat pada 2015 lalu.

    Foto ditemukan dalam artikel berita foto berjudul "Joe Biden Undang Presiden Jokowi Makan Siang". Foto dimuat di situs Tempo.co pada 28 Oktober 2020.
     
    Saat itu Wakil dari Presiden Barack Obama itu menyambut kedatangan Jokowi. Jokowi disambut khusus dalam jamuan makan siang di Naval Observatory, Washington DC.

    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya

    Dilansir dari Setkab.go.id dalam pertemuan tersebut, Joe Biden memuji Indonesia sebagai negara besar yang dapat menjalankan pemilihan umum dengan baik dan aman. Selain itu, Biden juga memuji upaya pemberantasan korupsi yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
     
    Pujian tersebut disampaikan Wapres AS Joe Biden saat menerima kunjungan Presiden Jokowi dalam jamuan santap siang pribadi, di kediaman resmi Wapres AS, Washington DC, AS, Selasa (27/10) siang waktu setempat, atau beberapa jam sebelum Presiden Jokowi dan rombongan terbang kembali ke tanah air.
     
    Menurut Biden, Indonesia memiliki nilai yang strategis bagi Amerika Serikat, karena Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar akan memiliki pengaruh yag kuat di masa datang,? kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi saat memenuhi undangan jamuan makan siang pribadi yang disampaikan Joseph Biden itu.
     
    Menanggapi hal itu, menurut Menlu, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Biden hubungan kerja sama kedua negara telah berjalan baik, tapi masih ada sektor-sektor yang masih dapat ditingkatkan kerja samanya.
     
    Santap siang antara Presiden Jokowi dan Wapres AS Joe Biden itu, menurut Menlu, berlangsung dalam suasana yang akrab dan hangat. Bahkan perbincangan keduanya 15 menit lebih lama dari waktu yang telah ditetapkan.

    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya
     
    Dilansir dari Medcom.id, Joe Biden terpilih sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS). Biden mengalahkan petahana Donald Trump dalam Pemilu Presiden AS 2020.
     
    Politikus senior Partai Demokrat itu menang dengan raihan suara mencapai 279. Hasil suara itu melampaui 270 electoral college vote yang harus diraih setiap kandidat.
     
    Sementara Donald Trump hanya mendapatkan 214 electoral vote. Praktis Trump gagal untuk memenangkan periode kedua.

    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Joe Biden curhat ke Jokowi karena pendukung Donald Trump menolak kekalahan adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan mencatut foto Joe Biden yang menjabat Wakil Presiden AS menyambut Jokowi untuk jamuan makan siang saat lawatan ke Amerika Serikat pada 2015 lalu.

    Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
    [Cek Fakta] Pendukung Trump Tolak Kekalahan, Joe Biden Curhat ke Jokowi? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://foto.tempo.co/read/35557/joe-biden-undang-presiden-jokowi-makan-siang#foto-2
    2.https://setkab.go.id/wapres-joe-biden-sebut-indonesia-miliki-nilai-strategis-bagi-as/
    3.https://www.medcom.id/internasional/eropa-amerika/RkjlQgGN-joe-biden-terpilih-sebagai-presiden-amerika-serikat
     
    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id