Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 06 November 2019 15:30 WIB
    Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD diminta mundur. Kabar itu ramai di media sosial sejak, Rabu Oktober 2019.

    Akun Facebook U Ali Hafid terpantau mengunggah foto Menko Polhukam Mahfud MD yang sedang diwawancarai awak media. Di dalam foto, ada keterangan bertuliskan "Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MAHFUD NANGIS".

    Akun itu juga menambahkan keterangan "Berita terakhir sblm ngopi". Hingga saat ini, unggahan foto itu telah mendapat 581 reaksi dari warganet, 67 komentar, dan 100 kali dibagikan.


    Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, foto yang disebar akun U Ali Hafid adalah hasil editan. Foto itu diambil oleh wartawan Detik, Lisye Sri Rahayu. Foto itu tayang pada artikel berjudul "Mahfud Md Sebut Usus Wiranto Kena Tusukan" yang tayang pada Jumat, 11 Oktober 2019.


    Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya



    Penyebar hoaks menggunakan foto itu dari situs harianpijar.com pada artikel berjudul "Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Memang ICW Itu Siapa?". Si pembuat hoaks mengganti judul pada artikel itu menjadi "Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MFLUD NANGIS".

    Pada pemberitaan media arus utama, pernyataan Mahfud MD itu terkait permintaan Indonesia Corruption Watch (ICW) ke Menko Polhukam Mahfud MD untuk mundur dari jabatannya jika dalam waktu 100 hari pemerintahan Presiden Joko Widodo Jokowi tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


    Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim yang menyebut Menko Polhukam menangis karena diminta mundur dari jabatannya adalah salah. Informasi yang disebar pemilik akun U Ali Hafid masuk kategori Disinformasi yang menyesatkan.



    Referensi:
    https://news.detik.com/berita/d-4742439/mahfud-md-sebut-usus-wiranto-kena-tusukan
    https://www.harianpijar.com/berita/35572-diminta-mundur-dari-jabatan-menko-polhukam-mahfud-md-memang-icw-itu-siapa?fbclid=IwAR3CoWMgwCfwh9lc_ZwAxBJGSuU9pTCfvUytyLgcbjBBP-39fdz0Gpfmo_o
    https://news.detik.com/berita/d-4764512/ditantang-mundur-bila-perppu-kpk-tak-terbit-mahfud-memang-icw-itu-siapa?fbclid=IwAR2EfAVkCs6jSEe4IAghQbSoc0eHxVLe4-c2gDNDZT2ae2xdNVnMVUn-b2Q


    Sumber:
    https://www.facebook.com/u.hafid.3/posts/146415806758934

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id