Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Benarkah Maksud Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Lebaran secara Langsung? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 04 Mei 2021 11:00 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Maksud Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Lebaran secara Langsung? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah narasi seolah Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta masyarakat untuk membeli baju lebaran secara langsung di pasar. Narasi ini beredar di media sosial.

    Di antaranya akun twitter @RestyCayaaah yang turut mengunggah dua tangkapan layar artikel. Pertama berjudul "Yuk Belanja, Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Baru saat Lebaran". 






    Artikel kedua berjudul "Polisi Kewalahan Atur Kerumunan di Pasar Tanah Abang". Akun itu kemudian mengaitkan dua artikel terpisah itu atau imbauan Sri dengan kerumunan yang terjadi di Tanah Abang. Kerumunan sangat dilarang di masa Pandemi Covid-19.

    "Soal kerumunan di tanah abang apa sudah ada rencana tersangkakan bu sri dan bunuhin pengawalnya min  @DivHumas_Polri ?," tulis akun twitter  @RestyCayaaah, 2 Mei 2021.


    Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 629 retweets, 29 quote tweets dan 1.907 likes.


    [Cek Fakta] Benarkah Maksud Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Lebaran secara Langsung? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta masyarakan membeli baju lebaran secara langsung di pasar, adalah salah. Faktanya, ajakan Sri Mulyani itu terkait program pemerintah tentang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) jelang lebaran.

    Hal itu tampak pada video berdurasi 2 jam 11 menit 50 detik. Video itu disiarkan langsung di Youtube Kementerian Keuangan dalam rangka konferensi pers APBN KITA Edisi April 2021 pada 22 April 2021.

    Kami mengecek video tersebut. Pada jam ke-1 menit ke-49 detik ke-25, Sri mulai menyinggung soal baju baru saat lebaran. Berikut pernyataannya:

    "Ada bagusnya juga lebaran tetap pakai baju baru. Gitu ya. Beli baju baru supaya walaupun Zoom nanti pakai baju baru, sehingga muncul aktivitas di masyarakat bisa terjadi. Jadi saya harapkan masyarakat tetap menyambut ini dengan gembira, dengan bersyukur, namun kita juga menjaga supaya risiko terjadinya penularan tidak terjadi. Nah ini yang kita harapkan seluruh masyarakat berpartisipasi," kata Sri.


    Sri langsung mengaitkan imbauannya dengan terobosan pemerintah . Ia mengungkapkan pemerintah akan menggunakan berbagai instrumen secara kreatif. 

    "Seperti akan ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Nanti mungkin pak Wamen atau Pak Kunta bisa menjelaskan mengenai Harbolnas. Itu tujuannya adalah walaupun kita tidak ketemu, kita masih bisa mengirimkan bingkisan kepada yang Anda sayangi, di tempat-tempat kota asal kita, dan sekarang dengan berbagai macam teknologi digital, itu memungkinkan," ucap Sri.


    Imbauan Sri ini merupakan upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian. Namun Sri menegaskan pemulihan perekonomian itu harus dilakukan tanpa menyebabkan terjadinya peningkatan kasus covid.

    "Karena kalau sampai terjadi seperti di India, pasti mereka akan dipaksa lagi berhenti lagi aktivitasnya. Kalau jumlah kasus perharinya aja bisa mencapai 300 ribu, maka enggak akan ada pilihan lain. Pasti ini menimbulkan drama kemanusiaan," tegas Sri.



    [Cek Fakta] Benarkah Maksud Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Lebaran secara Langsung? Ini Faktanya


    Dilansir Medcom.id, pemerintah akan mengadakan Harbolnasdi akhir bulan Ramadan. Program ini bertujuan untuk mendorong konsumsi masyarakat guna mendukung pemulihan ekonomi nasional tahun ini.
     
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program ini akan diselenggarakan selama lima hari mulai H-10 sampai dengan H-6 menjelang Idulfitri. Pemerintah akan memberikan subsidi biaya ongkos kirim (ongkir) gratis.
     

    "Untuk Harbolnas Ramadan ini pemerintah akan memberikan subsidi biaya ongkir gratis, untuk pembelian produk lokal dan produksi UMKM kita," kata Airlangga seperti dilansir Medcom.id, Jumat 10 April 2021.


    Selengkapnya dapat dibaca di sini:
    Pengumuman! Pemerintah Tebar Gratis Ongkir saat Gelar Harbolnas Ramadan


    [Cek Fakta] Benarkah Maksud Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Lebaran secara Langsung? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta masyarakan membeli baju lebaran secara langsung di pasar, adalah salah. Faktanya, ajakan Sri Mulyani itu terkait program pemerintah tentang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) jelang lebaran.

    Informasi tersebut masuk dalam hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Benarkah Maksud Sri Mulyani Minta Masyarakat Beli Baju Lebaran secara Langsung? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.youtube.com/watch?v=9xujZZ7wH7E&t=3400s
    https://www.medcom.id/ekonomi/makro/8kolAjlK-pengumuman-pemerintah-tebar-gratis-ongkir-saat-gelar-harbolnas-ramadan
    https://archive.md/8oxKd


    Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id