Tangkal Hoaks, NU Online Undang Pencari Fakta Medcom.id Berdiskusi

    Sobih AW Adnan - 06 Februari 2020 23:26 WIB
    Tangkal Hoaks, NU Online Undang Pencari Fakta Medcom.id Berdiskusi
    Pemeriksa fakta Medcom.id Wanda Indana sedang menjabarkan tentang jenis-jenis hoaks dan pola persebarannya/Medcom.id/Sobih AW Adnan
    Jakarta: Pengelola situs resmi pemberitaan Nahdlatul Ulama atau NU Online menggelar diskusi pemberantasan hoaks dan disinformasi dengan melibatkan pembicara dari tim Fact Checker Medcom.id.

    "Di tengah perkembangan media sosial dan digital makin massif, kami butuh pencerahan untuk memahami jenis-jenis dan pola distribusi hoaks dari media terpercaya, dalam hal ini Medcom.id," kata Pemimpin Redaksi NU Online Ahmad Mukafi Niam, di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, pada Kamis, 6 Februari 2020. 

    Niam berharap, melalui diskusi tersebut, tim redaksi dari media pemberitaan milik organisasi keislaman terbesar di Indonesia itu bisa turut terlibat dalam pemberantasan kabar palsu yang beredar di masyarakat. 

    "Kami berharap bisa meningkatkan akurasi untuk setiap informasi tentang jamiyah yang akan disampaikan ke publik," kata Niam.

    Memenuhi undangan tersebut, Medcom.id mendelegasikan pencari fakta Sobih AW Adnan dan Wanda Indana. 

    Dalam pemaparannya, Wanda menjelaskan 7 jenis disinformasi yang biasa beredar di tengah masyarakat. 

    "Untuk menelusuri jenis-jenis disinformasi ini masing-masing membutuhkan tools dan tingkat ketelitian tersendiri. Itulah yang selama ini dilakukan tim dalam kanal Cek Fakta Medcom.id," ujar Wanda. 

    Baca: Menjadi Fact Checker Itu Gampang, Tinggal Copast. Benarkah?

    Kanal Cek Fakta merupakan ikhtiar Medcom.id untuk turut ambil bagian dalam pemberantasan hoaks, disinformasi, hingga ujaran kebencian melalui pelintiran informasi yang banyak ditemukan di media sosial.

    Cek Fakta Medcom.id menerapkan alur kerja terukur sesuai dengan standar pemeriksaan fakta. Kami juga menggunakan banyak tools atau alat pendeteksi klaim untuk memeriksa dan mengukur kevalidan sebuah kabar atau informasi.

    Cek Fakta Medcom.id berjejaring dengan aliansi pemeriksa fakta CekFakta.com, yakni sebuah proyek kolaborasi antarmedia yang mempunyai misi khusus melawan maraknya penyebaran hoaks.



    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id