[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Gubernur Jateng Liburkan Driver Grab Grobogan dan Perjuangkan Insentif Rp200 Ribu per Hari? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 16 Maret 2020 16:36 WIB
    [Cek Fakta] Gubernur Jateng Liburkan <i>Driver</i> Grab Grobogan dan Perjuangkan Insentif Rp200 Ribu per Hari? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan media online
    Beredar narasi bahwa Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meliburkan driver Grab dan memperjuangkan insentif Rp200 ribu per hari untuk mereka. Kebijakan itu diambil lantaran wabah virus korona atau covid-19.

    Narasi itu tampak dalam tangkapan layar pemberitaan yang diklaim berasal dari Detik.com. Narasi itu dijadikan judul sebuah artikel yang dimuat pada pukul 23.20 WIB, Sabtu 14 Maret 2020

    Berikut narasinya:

    "Corona Mewabah, Gubernur Ganjar Liburkan Driver Grab Grobogan Dan akan di ajukan oleh pihak Grab untuk memberi insetif 200rb per hari."


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meliburkan driver Grab dan memperjuangkan insentif Rp200 ribu per hari untuk mereka, adalah salah. 

    Faktanya, Gubernur Ganjar tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. Judul artikel yang diklaim berasal dari Detik.com itu merupakan suntingan.

    Ketika dicek lebih lanjut, artikel yang dimuat pada pukul 23.20 WIB, Sabtu 14 Maret 2020 itu, berjudul "Corona Mewabah, Gubernur Ganjar Liburkan Sekolah se-Jateng".

    Dalam artikel itu, Ganjar mengumumkan hasil rapat koordinasi terkait virus korona. Ganjar menetapkan hari libur selama dua pekan terhitung Senin 16 Maret 2020.

    "Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) libur dua minggu diganti secara online. Yang ujian di luar Solo masih berjalan," kata Ganjar seperti dilansir Detik.com, Sabtu 14 Maret 2020.

    Berikut artikel selengkapnya:

    Corona Mewabah, Gubernur Ganjar Liburkan Sekolah se-Jateng

    Semarang - Rapat Koordinasi terkait Virus Corona yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memutuskan untuk meliburkan siswa sekolah di Jawa Tengah mulai hari Senin (16/3) hingga dua minggu ke depan. Namun untuk peserta Ujian Nasional tingkat SMA/SMK masih akan tetap berjalan.

    "Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) libur dua minggu diganti secara online. Yang ujian di luar Solo masih berjalan. Saya akan ikuti perkembangan terus terkait beberapa pasien yang dirawat," kata Ganjar di kantornya, Jalan Pahlawan Semarang, Sabtu (14/3/2020).

    "Se-Jateng, akan diikuti SD, SMP juga," Ganjar menjelaskan, tracking terkait pasien positif corona yang meninggal di Solo masih terus dilakukan dan dipantau perkembangannya. Maka informasi terkait libur sekolah masih akan disampaikan dinamis," lanjutnya.

    "Artinya kalau kita ini tracking kita lakukan menemukan, bukan tidak mungkin liburkan secara dinamis untuk bergerak. Tracking masih berjalan dibantu masyarakat, tenaga kesehatan dari dinkes, semua," jelasnya.

    Ia menjelaskan masih berkoordinasi terkait pembelajaran secara online. Pihak Ruang Guru selaku aplikasi belajar mengajar sudah berkoordinasi apakah sistemnya bisa diterapkan.

    "Ini lagi coba bicara dengan beberapa orang, kemarin Ruang Guru kontak saya bagiamana memindahkan cara belajarnya, apakah mungkin peralatan itu diberikan secara online, akan jajaki pararel," jelasnya.

    Terkait Universitas di Jawa Tengah, Ganjar menjelaskan beberapa masih menjalin komunikasi terkait keputusan apakah akan diliburkan atau dilakukan kegiatan secara online.

    "Perguruan tinggi belum, beberapa universitas masih bicara," tegasnya.



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meliburkan driver Grab dan memperjuangkan insentif Rp200 ribu per hari untuk mereka, adalah salah. Faktanya, Gubernur Ganjar tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    Referensi:
    1. https://turnbackhoax.id/2020/03/16/salah-corona-mewabah-gubernur-ganjar-liburkan-driver-grab-grobogan-dan-akan-di-ajukan-oleh-pihak-grab-untuk-memberi-insetif-200rb-per-hari/
    2. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4939462/corona-mewabah-gubernur-ganjar-liburkan-sekolah-se-jateng/2


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
     






    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id