[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Perempuan Ini Kejang-Kejang setelah Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 17 Februari 2021 06:22 WIB
    [Cek Fakta] Perempuan Ini Kejang-Kejang setelah Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan mengalami kejang di atas ranjang rumah sakit. Diklaim, wanita itu kejang-kejang usai disuntik vaksin covid-19. 

    Akun bernama TruthAndFreedom1 mengunggah video tersebut pada situs brighteon.com, Sabtu 13 Januari 2021. Akun itu menyebut, seorang remaja perempuan dalam video mengalami efek samping dari vaksinasi covid-19. Video berdurasi 1.46 menit tersebut telah ditonton sebanyak 71290 kali.
     

    "The condition of a teenager after the covid19 vaccination!" atau 
    "Kondisi remaja setelah vaksinasi covid19!"


    Benarkah video yang beredar tersebut memperlihatkan seorang perempuan mengalami kejang-kejang usai disuntik vaksin covid-19? Berikut cek faktanya. 


    [Cek Fakta] Perempuan Ini Kejang-Kejang setelah Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video tersebut memperlihatkan seorang perempuan mengalami kejang-kejang usai disuntik vaksin covid-19 adalah hoaks. Faktanya, video lama yang sudah ada jauh sebelum pandemi covid-19. 

    Dilansir AFP Korea, melalui pencarian reverse image di Google, ditemukan bahwa rekaman itu diunggah di YouTube oleh kanal Privivka Kz pada 21 Maret 2015, hampir lima tahun sebelum pandemi Covid-19 dimulai.

    Video serupa juga dimuat oleh Radio Free Europe / Radio Liberty (RFE / RL) pada tanggal 20 Maret 2015. Artikel berbahasa Rusia, yang menampilkan tangkapan layar dari rekaman tersebut, menyatakan bahwa video tersebut menunjukkan seorang gadis di kota Zhanaozen di Kazakhstan yang dirawat di rumah sakit setelah divaksinasi campak.

    Mengutip seorang pejabat kesehatan setempat, RFE / RL melaporkan bahwa video tersebut direkam pada Maret 2015. Pejabat tersebut menambahkan bahwa otoritas kesehatan tidak menghubungkan kondisinya dengan vaksin tersebut.


    [Cek Fakta] Perempuan Ini Kejang-Kejang setelah Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video tersebut memperlihatkan seorang perempuan mengalami kejang-kejang usai disuntik vaksin covid-19 adalah salah. Faktanya, video lama yang sudah ada jauh sebelum adanya pandemi covid-19.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Perempuan Ini Kejang-Kejang setelah Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Faktanya


    Referensi:

    https://factcheck.afp.com/social-media-posts-falsely-claim-old-video-shows-covid-19-vaccine-side-effects
    https://www.youtube.com/watch?v=3ikEycuJ1yE&feature=emb_title
    https://archive.md/D78Nf



     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id