[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Benarkah Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Teroris Asal Qatar? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 05 Mei 2021 16:19 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Teroris Asal Qatar? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah foto Gubernur Anies Baswedan yang berfoto dengan seorang ulama bernama Syeikh Yusuf Al-Qardawi. Ulama tersebut dinarasikan sebagai teroris asal Qatar.

    Akun facebook Sihite Sileang membagikan foto ini pada 2 Mei 2021. Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut. 
     

    "Polri diminta melakukan penelusuran dan pengusutan menyeruh indikasi kaitan Hidayat Nur Wahid dan Anies Baswedan dengan teroris dari Qatar bernama Yusuf Al-Qaradawi"

    [Cek Fakta] Benarkah Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Teroris Asal Qatar? Ini Faktanya

     



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi sebagai teroris asal Qatar adalah salah. Faktanya, Syekh Yuduf Al-Qaradhawi adalah cendekiawan muslim asal Mesir tokoh organisasi Ikhwanul Muslimin. 

    Dilansir kumparan.com, Qaradawi ialah cendekiawan Muslim dan teolog Islam asal Mesir. Ia dikenal sebagai mujtahid atau ahli ijtihad (tafsir). Lelaki kelahiran Kairo, September 1926 itu kini sudah amat sepuh. Ia berusia 90 tahun, dan disebut tinggal di Qatar yang tengah diblokade Saudi.
     
    Semasa muda, Qaradawi sudah merasakan dinginnya jeruji penjara. Pada umur 23 tahun, tahun 1949, ia ditahan karena terlibat gerakan Ikhwanul Muslimin. Setahun sebelumnya, 1948, Ikhwanul Muslimin yang sedang tumbuh pesat dibekukan oleh Perdana Menteri Mesir Muhammad Fahmi Naqrasyi. Organisasi itu dicurigai terlibat upaya pengeboman dan pembunuhan.

    [Cek Fakta] Benarkah Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Teroris Asal Qatar? Ini Faktanya

    Dilansir turnbackhoax.id, Yusuf al-Qaradawi bukan pentolan atau pendiri ISIS. Bahkan, beberapa pernyataannya mengkritisi sepak terjang ISIS. Qaradawi merupakan aktivis Ikhwanul Muslimin di Mesir.
     
    Yusuf al-Qaradawi pernah mengecam deklarasi khilafah yang digaungkan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, pada 2014. Saat itu, Baghdadi menyebut dirinya khalifah yang bernama Ibrahim.
     
    Menurut Qaradawi, deklasari itu melanggar hukum syariah dan memiliki konsekuensi yang berbahaya bagi kaum Sunni di Irak dan pemberontakan di Suriah. “Khalifah pun hanya dapat diberikan oleh seluruh kaum muslim, bukan oleh satu kelompok,” kata Qaradawi.

    [Cek Fakta] Benarkah Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Teroris Asal Qatar? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi sebagai teroris asal Qatar adalah salah. Faktanya, Syekh Yuduf Al-Qaradhawi adalah cendekiawan muslim asal Mesir tokoh organisasi Ikhwanul Muslimin. 

    Informasi ini jenis hoaks  misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Benarkah Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Teroris Asal Qatar? Ini Faktanya
     
    Referensi:
    1.1.https://kumparan.com/kumparannews/siapa-yusuf-al-qaradawi-yang-disebut-saudi-pendukung-teroris
    2.https://turnbackhoax.id/2019/12/10/salah-ini-bukti-anis-bas-edan-anggota-isis-bersama-syekh-yusuf-al-qaradhawi-pimpinan-isis/
    3.https://archive.fo/BIsCr
     

    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id