[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Jokowi Tendang Prabowo dari Istana? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 15 April 2021 16:36 WIB
    [Cek Fakta] Jokowi Tendang Prabowo dari Istana? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuha video dengan narasi judul Presiden Joko Widodo menyingkirkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dari istana. Karir Prabowo di kabinet dikabarkan berakhir.

    Kanal youtube SUARA ISTANA membagikan video ini pada 15 April 2021. Video berjudul "Niat Busuk Prabowo Terbongkar, Karir Politi Prabowo Diujung Tanduk" telah ditonton 279 ribu orang.






    Dalam halaman sampul vidoe tersebut terdapat kutipan sebagai berikut. "Akhirnya Terjadi !!! Ditendang dari Istana Karir Prabowo Berkahir Tragis di Tangan Jokowi"

    [Cek Fakta] Jokowi Tendang Prabowo dari Istana? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Jokowi singkirkan Prabowo dari Istana adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.

    Dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak ada informasi atau narasi Jokowi menyingkirkan Prabowo dari Istana. Video hanya berisi pernyataan terkait polemik pembentukan Detasemen Pengawalan Khusus oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

    Dilansir dari republika.co.id, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto membentuk satuan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) yang bertugas untuk mengawal dirinya dan melakukan pengamanan internal.

    Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, selain melakukan pengamanan serta pengawalan, Denwalsus juga bertugas sebagai penyambut tamu VVIP, seperti menteri pertahanan atau pejabat militer negara sahabat, yang datang ke Indonesia.

    Menurut dia, personel Denwalsus merupakan prajurit TNI yang bertugas sebagai satuan Jajaran Kehormatan atau penyambut tamu VVIP di Kementerian Pertahanan yang telah ada sebelumnya.

    [Cek Fakta] Jokowi Tendang Prabowo dari Istana? Ini Faktanya

    Pembentukan pengawalan khusus ini menuai pro dan kontra. Dilansir inews.id, Anggota Komisi I DPR, Saifullah Tamliha mengatakan, pengawalan terhadap Menhan telah disiapkan oleh Mabes TNI. Bahkan, kata dia pengawalan dilakukan secara berlapis dari tiga matra, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

    Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menuturkan, penjelasan akan diminta seputar tugas pokok dan gungsi (tupoksi) hingga sumber anggaran pembentukan Dewalsus itu.

    [Cek Fakta] Jokowi Tendang Prabowo dari Istana? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Jokowi singkirkan Prabowo dari Istana adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
    [Cek Fakta] Jokowi Tendang Prabowo dari Istana? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.inews.id/news/nasional/komisi-i-dpr-bereaksi-prabowo-bentuk-detasemen-kawal-khusus-kemhan
    2.https://www.republika.co.id/berita/qrhzcv440/apa-itu-satuan-khusus-pengawalan-internal-bentukan-prabowo


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id