[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Undian Berhadiah Pembukaan Toko ke 1.000 Alfamart? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 02 April 2021 08:04 WIB
    [Cek Fakta] Undian Berhadiah Pembukaan Toko ke 1.000 Alfamart? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp



    Beredar sebuah informasi undian berhadiah dari gerai toko waralaba Alfamart. Undian dalam rangka peresmian toko ke 1.000 gerai Alfamart.

    Dalam pesannya masyarakat diminta mengunjungi situs yang dibagikan dalam pesan berantai tersebut. Berikut informasinya.
     

    "Ada lebih dari 100 komputer dan gawai dan 50 hadiah uang tunai. Anda cukup membuka kotak hadiah yang benar, anda punya tiga kali percobaan, selamat mencoba"

    [Cek Fakta] Undian Berhadiah Pembukaan Toko ke 1.000 Alfamart? Ini Faktanya






    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Alfamart membagi-bagikan hadiah dalam rangka pembukaan toko ke 1.000 adalah salah.  Faktanya, diduga informasi tersebut merupakan modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.

    Dari penelusuran kami, foto yang dicatut dalam situs tersebut ditemukan dalalm artikel berjudul "Kinerja Alfamart (AMRT) Moncer, Ekspansi Toko di Filipina". Artikel dimuat di situs bisnis.com pada 16 November 2021. 

    Dalam artikel tersebut disebutkan, Alfamart mengumumkan perluasan ekspansi bisnisnya dengan meresmikan gerai ke-1000 nya di Filipina. International Business and Technology Director Alfamart, Bambang Setyawan Djojo mengungkapkan kepercayaan konsumen di Filipina terhadap Alfamart terus mendorong perusahaan berani berekspansi. 

    Apalagi dengan kemudahan perijinan yang diberikan pemerintah setempat, perseroan optimistis rencana ekspansi bisnisnya di Filipina bisa semakin masif. Capaian ini terbilang impresif mengingat perseroan sudah berinvestasi di negara tersebut sejak 2014 lalu. Selama 6 tahun ekspansi, terdapat 4 Distribution Center yang dibangun di Filipina, yaitu di wilayah Imus, Marilao, Mexico dan Silang.

    Per November 2020, sudah hampir 8.000 orang karyawan yang dipekerjakan baik di toko maupun kantor, sementara sebanyak 28 orang yang bekerja disana merupakan tenaga kerja Indonesia.

    [Cek Fakta] Undian Berhadiah Pembukaan Toko ke 1.000 Alfamart? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Alfamart membagi-bagikan hadiah dalam rangka pembukaan toko ke 1.000 adalah salah. 
    Faktanya, diduga informasi tersebut merupakan modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.

    Informasi ini jensi hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Undian Berhadiah Pembukaan Toko ke 1.000 Alfamart? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://market.bisnis.com/read/20201116/192/1318264/kinerja-alfamart-amrt-moncer-ekspansi-toko-di-filipina


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id