[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Marah, Sultan Brunei Ingin Membeli Singapura? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 05 Januari 2021 09:53 WIB
    [Cek Fakta] Marah, Sultan Brunei Ingin Membeli Singapura? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar kabar yang menyebutkan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah marah dan ingin membeli Singapura. Kabar itu beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Sharul Yahya membagikan kabar itu pada Jumat, 25 Desember 2020. Akun itu mengunggah sebuah narasi disertai foto Sultan Brunei, bertuliskan sebagai berikut:
     

    Berita islam terkini:


    Penolakan warga etnis China di Singapura terhadap Presiden Halimah membuat berang raja muslim paling kaya di dunia, Sultan Hassanal Bolkiah.

    "Saya tidak menyangka, sebagian rakyat Singapura punya pikiran yang sangat kerdil. Presiden Halimah itu mewakili etnis Melayu yang selama ini terpinggirkan di Singapura. Padahal Singapura awalnya adalah milik Melayu," kata Sultan Bolkiah yang terkenal dermawan ini.

    "Jika mereka tetap melakukan penolakan dan demo besar-besaran, maka saya berjanji akan membeli seluruh kekayaan Singapura dan mengusir etnis-etnis pendatang yang tidak tahu berterimakasih itu,” sesal Sultan…"


    Benarkah Sultan Brunei Hassanal Bolkiah ingin membeli Singapura lantaran adanya penolakan warga etnis Tionghoa Siangapura terhadap Presiden Halimah Yacob? Simak cek faktanya


    [Cek Fakta] Marah, Sultan Brunei Ingin Membeli Singapura? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim Sultan Brunei Hassanal Bolkiah marah dan ingin membeli Singapura lantaran adanya penolakan warga etnis Tionghoa Singapura terhadap Presiden Halimah Yacob adalah hoaks. Faktanya, Departemen Perdana Menteri Brunei telah membantah informasi tersebut.

    Dilansir situs resmi pemerintahan Brunei Pelitabrunei.gov.bn, melalui artikel berjudul "Berita palsu dari laman sesawang www.mediaperjuangan.com" disebutkan kabar Sultan Hassanal Bolkiah terkait ingin membeli Singapura adalah berita bohong. Menyatakan kutipan pernyataan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah akan membeli Singapura palsu. Berikut secara lengkap klarifikasinya:

    "Berita palsu dari laman sesawang www.mediaperjuangan.com

    Siaran Akhbar : Jabatan Perdana Menteri

    BANDAR SERI BEGAWAN, Khamis, 21 September. - Jabatan Perdana Menteri ingin memaklumkan orang ramai bahawa artikel yang dilaporkan di laman sesawang ‘online’ www.mediaperjuangan.com mengenai Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam adalah tidak benar.

    Artikel tersebut telah mengandungi berita palsu yang berhubung kait dengan Presiden Republik Singapura, Puan Yang Terutama Halimah binti Yacob.

    Laman sesawang tersebut juga mengandungi berita-berita palsu lainnya dan mempunyai unsur-unsur aktiviti penipuan yang bertujuan untuk menarik perhatian orang ramai melayari laman sesawang tersebut bagi meningkatkan ‘traffic hits’.

    Sehubungan itu, orang ramai adalah dinasihatkan untuk tidak menyebarluaskan sebarang perkara yang tidak berasas, yang mana perbuatan menyebarkan maklumat tidak sahih, apatah lagi yang palsu dan direka adalah menjadi kesalahan dan boleh didakwa di bawah undang-undang yang berkuat kuasa."

    ?

    [Cek Fakta] Marah, Sultan Brunei Ingin Membeli Singapura? Ini Faktanya


    Pula, dilansir Turnbackhoax.id, kabar tersebut adalah hoaks lama yang beredar kembali. Kabar bohong yang menyatut nama Sultan Brunei sudah diperiksa pada 2017. Mulanya, kabar itu disebar situs mediaperjuangan.com (Saat ini artikel di situs tersebut sudah dihapus) tentang Sultan Brunei Darussalam. Situs itu 


    Kesimpulan:
    Klaim Sultan Brunei Hassanal Bolkiah ingin membeli Singapura lantaran adanya penolakan warga etnis Tionghoa Siangapura terhadap Presiden Halimah Yacob adalah hoaks. Faktanya, Departemen Perdana Menteri Brunei telah membantah informasi tersebut pada 2017 dan menyatakan kutipan pernyataan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah akan membeli Singapura itu palsu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis Misleading Content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Marah, Sultan Brunei Ingin Membeli Singapura? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://pelitabrunei.gov.bn/Lists/Berita/NewDisplayForm.aspx?ID=12511
    https://turnbackhoax.id/2021/01/05/salah-sultan-hassanal-bolkiah-akan-beli-singapura-dan-usir-etnis-china-karena-menolak-presiden-halimah/
    https://archive.md/CunAv


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id