[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 29 Juli 2020 17:00 WIB
    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
    Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo tengah memegang sertifikat Silver Play Button Covid-19 karena telah melewati 100 ribu kasus covid-19. Sertifikat itu berlogo Silver Play Button Youtube.

    Akun twitter atas nama @pondoxcina mengunggah foto ini pada 27 Juli 2020. Dalam unggahan ia memberikakn cuitan.
     

    "Selamat pak jokowi 100k-nya"


    Unggahan ini mendapatkan likes dari 5.700 warganet. Serta dicuit ulang oleh oleh 1.800 warganet.


    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran cek fakta medcom.id, klaim Presiden Jokowi mendapatkan Silver Play Button Covid-19 adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya saat Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah gratis di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Foto aslinya hasil karya fotografer Antara Akbar Nugroho Gumay saat membagikan sertifikat tanah gratis di Gelangggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada 22 Februari 2019.


    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya

    Dilansir Medcom.id, Presiden Joko Widodo tak menghiraukan kritik soal program pembagian sertifikat tanah gratis kepada masyarakat. Jokowi menegaskan program tersebut akan dilanjutkan. Sertifikat tanah penting bagi masyarakat sebagai tanda bukti hukum atas kepemilikan tanah.
     
    "Kalau ada orang yang menyampaikan bagi-bagi sertifikat enggak ada gunanya, ya silakan, enggak apa-apa ada yang ngomong seperti itu. Tapi tetap program ini akan terus kami lanjutkan," kata Jokowi dilansir Medcom.id. 

    Jokowi sejak awal menjadi kepala negara memang getol dengan program pemberian sertifikat tanah gratis kepada warga. Menurut dia, ada 126 juta bidang tanah yang harus disertifikasi di seluruh Indonesia.

    Untuk itu, dia memerintahkan Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil untuk mempercepat penyerahan sertifikat tanah kepada warga. Setiap tahunnya, ia juga menargetkan berapa sertifikat yang harus dicetak Sofyan.


    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya

    Adapun Silver Play Button seperti dilansir Medcom.id, merupakan bukti apresiasi kepada YouTuber karena sudah memiliki lebih dari 100 ribu subsciber atau pengikut di channel mereka. Penghargaan ini dijelaskan YouTube di halaman resmi mereka sebagai bagian dari program Creator Awards.

    "Program YouTube Creator Awards adalah cara kami untuk mengakui upaya luar biasa yang dicurahkan para kreator di channel mereka. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan Creator Awards, Anda harus memenuhi kriteria kelayakan dan menyediakan informasi yang diperlukan," tulis YouTube.

    Penghargaan bernama Play Button ini diberikan berdasarkan jumlah subscriber yang sudah dimiliki oleh sebuah channel atau kreator. Misalnya, Silver Play Button untuk jumlah 100.000 subscriber alias yang terendah.
     
    Di atasnya masih ada Gold Play Button dengan satu juta subscriber, Diamond Play Button untuk 10 juta subscriber, dan paling tinggi adalah Red Diamond Play Button apabila memiliki 100 juta subscriber. Tentunya semua konten yaang dimiliki harus mematuhi kebijakan YouTube.


    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim Presiden Jokowi mendapatkan Silver Play Button Covid-19 adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya saat Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah gratis di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Informasi ini jenis hoaks Manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    [Cek Fakta] Presiden Jokowi Mendapatkan Silver Play Button Covid-19? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.antaranews.com/berita/1637150/jokowi-dapat-youtube-silver-play-button-terkait-covid-19-cek-faktanya
    2.https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/nbwjv3jN-mengenal-silver-play-button-di-hoaks-covid-10-jokowi-apa-itu
    3.https://www.medcom.id/nasional/politik/zNALWmzK-jokowi-tak-hiraukan-kritik-pembagian-sertifikat-tanah
    4.https://archive.md/vjDaP



    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

     


    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id