Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Jenderal Bintang Tiga Ini Ungkap Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 01 Agustus 2021 08:46 WIB
    [Cek Fakta] Jenderal Bintang Tiga Ini Ungkap Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah video memperlihatkan pidato Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekun. Video berdurasi satu menit ini beredar di media sosial.

    "Menggunakan masker, jangan dipikir aman. Jangan dipikir aman. Kenapa? Karena kalau ada yang mengatakan masuk lewat airbone, lewat udara, maka dia masuk lewat mata. Tutup matanya kalau mau makai. Tapi apa itu aman? Enggak. Kenapa? Ketika kita menggunakan itu, sel kita stres. Karena ketika kita tidak nyaman maka sel kita stres. Ketakutan sudah ada, sel kita stres, runtuh pertahanan selnya. Kalau runtuh, enggak ada gunanya. Yang menyelamatkan kita adalah kuasa Tuhan," kata Dharma,


    Adalah akun facebook De Jecky yang turut mengunggah video tersebut, 5 Mei 2021 lalu. Pada video itu terdapat narasi terkait bahaya memakai masker terlalu lama. Berikut narasinya:


    "BAHAYA MEMAKAI MASKER TERLALU LAMA. MASKER MERUKSA IMUN TUBUH. Penggunaan dalam jangka panjang, MEMATIKAN HORMON & SEL." 


    [Cek Fakta] Jenderal Bintang Tiga Ini Ungkap Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama? Ini Faktanya


    Video ini mendapat perhatian luas dari warganet. Terdiri dari 22 ribu emotikon, 4.900 komentar dan 126 ribu kali dibagikan.

     



    Meskipun ini telah diunggah pada Mei lalu, video ini masih terus dibagikan hingga berita ini dibuat. Berikut penampakannya:


    [Cek Fakta] Jenderal Bintang Tiga Ini Ungkap Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama? Ini Faktanya


    Benarkah pernyataan jenderal itu terkait imbauan tidak menggunakan masker terlalu lama?


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa pernyataan Komjen Dharma Pongrekun itu terkait imbauan tidak menggunakan masker terlalu lama, adalah salah. Faktanya, Komjen Dharma telah memberikan klarifikasi beberapa waktu lalu.

    Komjen Dharma mengatakan video yang beredar tidak utuh. Video itu merupakan hasil suntingan atau editan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.


    "Saya ingin menyampaikan kepada semuanya, kalau video yang tersebar viral dua hari ini sama sekali bukan dari saya atau tim media institusi saya," kata Dharma seperti diberitakan Medcom.id, Minggu 11 April 2021.


    Dalam video itu, sebenarnya Dharma sedang menyampaikan ceramah keagamaan. Ia menerangkan surat Yakobus 4:7 yang berbunyi "Karena itu tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu." 

    Dharma mencontohkan hal ini dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Masker harus digunakan sebagai bagian dari mengikuti anjuran pemerintah, bukan karena takut. 

     
    "Kita harus melawan iblis, jika tidak, maka kita tidak bisa (tunduk kepada Allah). Sebagai misal, dalam menggunakan masker itu karena dianjurkan, bukan karena takut. Kalau karena takut (dasarnya), karena latah, tanpa pengetahuan yang benar, maka tidak ada gunanya," tegas dia. 
     

    Bagian ceramah ini dihilangkan dari video yang viral dan ditambahkan logo BSSN. Video yang viral hanya menampilkan Dharma tengah melanjutkan penjelasan mengenai penerapan prokes tersebut.


    Selengkapnya dapat dibaca di sini:

    Komjen Dharma Pongrekun Klarifikasi Potongan Video Soal Prokes


    [Cek Fakta] Jenderal Bintang Tiga Ini Ungkap Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa pernyataan Komjen Dharma Pongrekun itu terkait imbauan tidak menggunakan masker terlalu lama, adalah salah. Faktanya, Komjen Dharma telah memberikan klarifikasi beberapa waktu lalu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Jenderal Bintang Tiga Ini Ungkap Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://m.medcom.id/nasional/hukum/eN4ZjWok-komjen-dharma-pongrekun-klarifikasi-potongan-video-soal-prokes
    https://www.facebook.com/jeki.harison/posts/4074508372628235
    https://archive.md/MRwP7


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id