Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Google Nobatkan Anies Baswedan Gubernur Terbodoh? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 15 Juni 2021 14:29 WIB
    [Cek Fakta] Google Nobatkan Anies Baswedan Gubernur Terbodoh? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah narasi bahwa Google menobatkan Anies Baswedan sebagai gubernur terbodoh. Narasi ini beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Tunjang Triyono yang turut mengunggah meme berisi narasi tersebut, Selasa 15 Juni 2021. Berikut narasi selengkapnya:

    "Selamat! Anies Baswedan Dinobatkan Jadi Gubernur Terbodoh Versi Google."

     



    [Cek Fakta] Google Nobatkan Anies Baswedan Gubernur Terbodoh? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Google secara institusi menobatkan Anies Baswedan sebagai gubernur terbodoh, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

    Di sisi lain, beberapa waktu lalu muncul fenomena jika mengetik kata kunci "Gubernur Terbodoh" di google, maka yang muncul sosok Anies. Hal itu lantaran terdapat sejumlah artikel yang mengaitkan Anies dengan kata kunci tersebut.

    "Hal ini disebabkan oleh algoritma Google yang menampilkan hasil dengan keterikatan kuat atas kata kunci yang diketikkan. CEO Google, Sundar Pichai pernah menjelaskan bahwa Google menjelajah miliaran laman setiap pengguna mengetikkan kata kunci.

    Google lalu mencocokkan laman tersebut dan memberikan peringkat berdasarkan lebih dari 200 indikasi. Indikasi ini berupa relevansi, popularitas, paling baru, dan cara orang lain menggunakannya," tulis Indozone.id dalam laporannya, Sabtu 4 Januari 2020.



    [Cek Fakta] Google Nobatkan Anies Baswedan Gubernur Terbodoh? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Google secara institusi menobatkan Anies Baswedan sebagai gubernur terbodoh, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Google Nobatkan Anies Baswedan Gubernur Terbodoh? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.indozone.id/tech/qEs4Yx/kenapa-anies-baswedan-menjadi-gubernur-terbodoh-di-google/read-all
    https://archive.md/kJ8Hp


    Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id