[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Vaksinasi Menciptakan Varian Baru Covid-19? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 09 Juni 2021 12:01 WIB
    [Cek Fakta] Vaksinasi Menciptakan Varian Baru Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah video yang mengklaim bahwa varian baru covid-19 terbentuk karena adanya vaksinasi global. Video itu beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Saseline membagikan video itu pada Kamis, 20 Mei 2021. Video berdurasi sekitar 57 detik, memperlihatkan ahli virologi Prancis Luc Montagnier mengatakan dalam bahasa Prancis varian virus korona adalah produk dan hasil dari vaksinasi. Dia kemudian mengklaim bahwa kurva kematian mengikuti kurva vaksinasi.
     

    "Saya akan menunjukkan kepada Anda bahwa [kasus covid] menciptakan varian yang resisten terhadap vaksin." kata Montagnier. 

     



    [Cek Fakta] Vaksinasi Menciptakan Varian Baru Covid-19? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa varian baru covid-19 terbentuk karena adanya vaksinasi adalah salah. Faktanya, sejauh ini  tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Tidak ada bukti upaya vaksinasi terhadap covid-19 telah menyebabkan varian covid-19 baru. 

    Dilansir situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melalui resume hasil penelitian berjudul "Science Brief: COVID-19 Vaccines and Vaccination" dijelaskan bahwa semakin banyak bukti menunjukkan bahwa orang yang divaksinasi cenderung tidak memiliki infeksi tanpa gejala dan berpotensi lebih kecil untuk menularkan SARS-CoV-2 ke orang lain. 

    "Data dari penelitian terbaru menunjukkan vaksin covid-19 yang saat ini disahkan efektif terhadap infeksi SARS-CoV-2, penyakit simtomatik dan parah. Data menunjukkan bahwa vaksin mRNA resmi saat ini memberikan perlindungan terhadap varian virus covid-19 yang sedang menjadi perhatian, termasuk strain B.1.1.7." bunyi keterangan CDC pada 27 Mei 2021. 


    [Cek Fakta] Vaksinasi Menciptakan Varian Baru Covid-19? Ini Faktanya



    Pula, merujuk USA Today Profesor Mikrobiologi dan Imunologi di University of Iowa mengatakan, mutasi yang terjadi secara alami bertanggung jawab atas varian virus korona, bukan vaksin. Justru vaksin dapat membantu mencegah pengembangan varian baru dengan memperlambat laju penularan virus.
     

    "Mutasi itu sendiri tidak terjadi karena imunisasi," kata Dr. Stanley Perlman, 


    [Cek Fakta] Vaksinasi Menciptakan Varian Baru Covid-19? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa varian baru covid-19 terbentuk karena adanya vaksinasi adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah sejauh ini yang mendukung klaim ini. Tidak ada bukti upaya vaksinasi terhadap covid-19 telah menyebabkan varian covid-19 baru. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Vaksinasi Menciptakan Varian Baru Covid-19? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/science/science-briefs/fully-vaccinated-people.html
    https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/05/28/fact-check-covid-19-variants-come-mutations-not-vaccines/5205529001/


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id