comscore

[Cek Fakta] Pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Bertujuan Menyebarkan Virus HIV AIDS? Cek Faktanya

Wanda Indana - 25 Mei 2022 20:19 WIB
[Cek Fakta] Pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Bertujuan Menyebarkan Virus HIV AIDS? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Beredar narasi berisi peringatan untuk tidak mengikuti pemeriksaan gula darah secara gratis dari fakultas kedokteran. Narasi ini beredar di media sosial dan pesan berantai. 

Akun Facebook ini turut membagikan narasi itu pada Minggu, 22 Mei 2022. Akun itu mengunggah tangkapan layar status WhatApp memuat narasi yang menyebutkan pemeriksaan gula darah gratis tersebut bertujuan menyebarkan Virus HIV AIDS. Berikut narasi yang beredar:
"Warning.... Perhatian jgn suka Cek2 darah yg di sebut Gratis atau tempat abal2,Hati2 Modus ini bisa terjadi... Waspadai para Guru /Kep.Sek serta Emak2 jangan Tergiur degan  Gratisan Cek Gula Darah. Ini WA dari Pangdam IX Udayana.

Assalamualaikum. Agar di WASPADAI!!!! ... Dan segera Melaporkan jika ada Org yg Mengaku dari Fakultas Kedokteran ingin Mengukur/Cek  Gula darah atau Pengambilan Sample darah ... Gratis ... Segera TOLAK dan LAPORKAN...Waspada Dokter Palsu." 


Akun itu juga menyertakan narasi pada unggahannya:

"Berhati..hatilah apabila ada org yg mengatasnamakan mahasiswa praktek yg ingin. Cek gula darah atau pengambilan sample darah secara gratis....mereka sedang menularkan virus AIDS.......lewat jarum suntik.."


Benarkah? Berikut cek faktanya. 


[Cek Fakta] Pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Bertujuan Menyebarkan Virus HIV AIDS? Cek Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada narasi yang beredar adanya pemeriksaan gula darah gratis dari fakultas kedokteran bertujuan menyebarkan Virus HIV AIDS adalah salah. Faktanya, informasi adalah hoaks lama yang kembali beredar. 

Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas klaim serupa. Dari hasil periksa fakta, klaim pada pesan berantai yang beredar bahwa adanya dokter palsu menyebarkan virus HIV dengan modus menawarkan cek gula darah gratis adalah salah. Narasi yang beredar hasil modifikasi.
 
Cerita dalam pesan berantai tersebut adalah fiktif. Sebelumnya, pesan serupa juga beredar di sejumlah daerah seperti di Aceh, Pasuruan, Malang, Bojonegoro,Yogyakarta hingga Bali. Isi pesan diubah lalu diganti dengan lokasi berbeda dan mencatut nama pejabat dan atau aparat setempat agar terlihat meyakinkan. Bahkan, pesan itu pernah mencatut PKI dan ISIS untuk menakuti masyarakat.
 
Kapolres Kabupaten Bireuen saat itu, AKBP Riza Yulianto saat dimintai konfirmasi menegaskan bahwa tulisan tersebut sama sekali tidak benar. Bahkan, saat tulisan itu muncul, dia belum menjalani serah terima jabatan menjadi Kapolres di Bireuen.

’’Ini hoaks. Tulisan ini muncul pada April dan awal Mei 2017 saat saya belum sertijab jadi Kapolres Bireuen. Saya nggak pernah memberikan statement seperti itu,’’ tegas Riza ketika dimintai konfirmasi Rahmat, seperti dilansir JPNN.

Kepala Dinas Kesehatan Jatim Dr dr Kohar Hari Santoso SpAn KAP KiC mengatakan hal yang sama. Informasi bahwa banyak yang terinfeksi AIDS di Pasuruan setelah mengikuti tes gula darah dipastikan palsu. ’’Jelas hoaks. Tidak benar seperti itu,’’ jelasnya.
 
Pada 2018, isu ini beredar di Bojonegoro, Jawa Timur. Dilansir Kumparan, isu ini dibantah Kapolsek Kedungadem saat itu AKP Agus Elfauzi. Dia mengatakan informasi yang beredar adalah berita bohong alias hoaks.
 
"Sudah kita cek ke semua pihak yang disebutkan disitu, dan semua tidak benar", jelas Agus.
 
Kemudian, pada 2019 pesan ini kembali beredar di Malang. Dilansir Kominfo, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr Asih Tri Rachmi meyakini di kotanya tidak ada penderita penyakit AIDS. Pesan ini juga telah beredar di berbagai tempat pasca terjadinya peristiwa terorisme di Surabaya dan Riau yang mengatakan ada simpatisan ISIS menyebarkan Virus HIV AIDS melalui program cek gula darah gratis.


Kesimpulan:
Klaim pada narasi yang beredar adanya pemeriksaan gula darah gratis dari fakultas kedokteran bertujuan menyebarkan Virus HIV AIDS adalah salah. Faktanya, informasi adalah hoaks lama yang kembali beredar.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


[Cek Fakta] Pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Bertujuan Menyebarkan Virus HIV AIDS? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/lKYrl6VN-cek-fakta-pesan-berantai-dokter-gadungan-sebar-virus-hiv-dengan-modus-cek-gula-darah-gratis-begini-faktanya


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id