[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks

    M Rodhi Aulia - 06 September 2020 11:21 WIB
    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar sebuah tangkapan layar memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada pengamat Ridwan Saidi. Tangkapan layar itu beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Sherly Bureny yang turut mengunggah tangkapan layar tersebut. Akun ini mengaku meneteskan air mata terkait sikap Jokowi kepada Ridwan Saidi. 


    "Sampai meneteskan air mata saya lihat foto ini
    Karena setiap kali debat entah itu di mata Najwa atau ILC beliau yang gondrong ini sering sekali memprotes apa yang dilakukan oleh pak Jokowi, tindakan sekecil apapun selalu salah Dimata Ridwan, tapi karena kebaikan hati Jokowi beliau tidak menjadikan itu sebagai dendam bahkan justru beliau malah memberikan penghargaan....," tulis akun facebook Sherly Bureny, Sabtu 5 September 2020.


    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks


    Tangkapan layar serupa juga turut dibagikan akun facebook lainnya. Di antaranya adalah akun Linda Doank.


    "Mengamalkan islam dan Akhlak yang baik dengan benar, beliau adalah "Bpk jokowi" Persident RI," tulis akun facebook Linda Doank, Minggu 6 September 2020. 


    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks


    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada pengamat Ridwan Saidi, adalah salah. Faktanya, foto itu merupakan suntingan.

    Dilansir Antarafoto.com, foto itu sebenarnya memperlihatkan Presiden Jokowi menyalami Ketua Mahkamah Agung periode 2009-2012 Harifin Andi Tumpa seusai menyerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama di Istana Negara Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019. Foto itu merupakan jepretan jurnalis Antara, Wahyu Putro A.


    "Presiden menyerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama kepada empat putra terbaik bangsa, empat orang menerima Bintang Mahaputera Naraya, 15 orang menerima Bintang Jasa Utama, dua orang menerima Bintang Jasa Pratama, satu orang menerima Bintang Jasa Naraya dan tiga orang Bintang Budaya Parama Dharma. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp," tulis Antarafoto.com dalam laporannya.



    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks


    Sementara itu, situs Turnbackhoax.id melaporkan bahwa foto Ridwan Saidi yang seolah menerima penghargaan dari Jokowi berasal dari situs Antarafoto.com. Foto itu diabadikan Jurnalis Rosa Panggabean dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu 20 Oktober 2012. Pula dilaporkan terkait daftar penghargaan yang diterima Ridwan.


    "Foto Ridwan Saidi menerima penghargaan merupakan hasil suntingan dari dua foto dari antarafoto, yakni foto Pemberian Penghargaan Kepada Ketua Mahkamah Agung Periode 2009-2012 Harifin Andi Tumpa pada 15 Agustus 2019 dan foto Ridwan Saidi dalam diskusi “Kata Survey, Partai Islam Melorot pada 20 Oktober 2012. Adapun, penghargaan yang pernah diterima oleh Ridwan Saidi ialah pada kisaran tahun 1971 dan terakhir 2008," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, Sabtu 5 September 2020.


    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada pengamat Ridwan Saidi, adalah salah. Faktanya, foto itu merupakan suntingan.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    [Cek Fakta] Foto Jokowi Beri Penghargaan kepada Ridwan Saidi, Itu Hoaks 


    Referensi:
    https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1565857206/penganugerahan-tanda-gelar-kehormatan
    https://www.antarafoto.com/mudik/v1350712201/ridwan-saidi
    https://archive.today/pvZOJ
    https://archive.today/XNlnZ
    https://turnbackhoax.id/2020/09/05/salah-di-taruh-mana-muka-ridwan-saidi/


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id