[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Surabaya Masuk Zona Hitam? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 04 Juni 2020 19:12 WIB
    [Cek Fakta] Surabaya Masuk Zona Hitam? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Kota Surabaya sedang ramai diperbincangan khalayak, termasuk di media sosial. Surabaya disebut masuk zona hitam pada peta penyebaran virus Korona baru (covid-19) di Jawa Timur.

    Foto di bawah ini salah satu yang banyak menyebar ke berbagai platform media sosial. Pada gambar tersebut terdapat keterangan bertuliskan "Duh! Bukan Lagi Merah, Surabaya Jadi Zona Hitam Covid-19 RI".


    [Cek Fakta] Surabaya Masuk Zona Hitam? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Surabaya masuk zona hitam pada peta penyebaran covid-19 Jawa Timur adalah keliru. Warna pada peta Kota Surabaya adalah murah tua bukan hitam.

    Dari pemberitaan Medcom.id, melalui artikel berjudul "Penyumbang 60 Persen Kasus Covid-19 di Jatim, Status Surabaya Naik Merah Tua", Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan Kota Surabaya, Jawa Timur, statusnya berubah menjadi zona merah tua yang artinya kasus penyebaran virus korona (covid-19) sangat tinggi. Sementara Kabupaten Sidoarjo berubah dari merah menjadi merah pekat.

    "Ada yang tanya, itu di peta covid-19 Jatim kok ada yang hitam? Itu bukan hitam, tapi merah tua," jelas Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin malam, 1 Juni 2020.

    Khofifa menambahkan, jika angka kasus positif di atas dua ribu seperti Surabaya, maka masuk zona merah tua. Sementara jika angka kasusnya lebih dari 500 maka warna pada peta penyebaran covid-19 akan semakin gelap atau pekat.

    "Sementara Sidoarjo yang angka kasusnya 500 sekian, zonanya menjadi merah sekali," ujarnya.


    [Cek Fakta] Surabaya Masuk Zona Hitam? Cek Faktanya


    Gambar peta penyebaran covid-19 di Jawa Timur dapat dilihat di situs resmi Provinsi Jatim, infocovid19.jatimprov.go.id. Berikut hasil tangkapan layar peta penyebaran covid-19 di Jawa Timur diambil pada Kamis, 4 Juni 2020.


    [Cek Fakta] Surabaya Masuk Zona Hitam? Cek Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Surabaya masuk zona hitam pada peta penyebaran covid-19 Jawa Timur adalah keliru. Warna pada peta Kota Surabaya berwarna murah tua.


    Referensi:
    https://www.medcom.id/nasional/daerah/nbwj5A5N-penyumbang-60-persen-kasus-covid-19-di-jatim-status-surabaya-naik-merah-t


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id