[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tak Butuh Pemilih Muslim? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 19 September 2020 14:48 WIB
    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tak Butuh Pemilih Muslim? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri dengan narasi ucapan partainya tidak membutuhkan suara pemilih muslim. Narasi inni beredar di media sosial facebook.

    Akun Facebook atas nama Lee Gilang membagikan foto ini pada 19 September 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.
     

    "KATA2 NYA INI BIKIN AKU MERINDING. TAPI AKU GAK KENAL ORANG INI. SIAPA BOSQ ORANG INI"


    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tak Butuh Pemilih Muslim? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Megawati menyebut partainya tidak membutuhkan suara pemilih muslim adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dan tidak ada ucapan Megawati seperti klaim foto tersebut.

    Dilansir Kumparan.com, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengatakan selama ini justru partainya banyak mendapat dukungan dari kantong-kantong massa basis Islam.
     
    "Lho PDIP sendiri lebih dari 85 persen pendukungnya basis muslim. Islam yang membangun peradaban, Islam yang meneladani tokoh-tokoh pergerakan juga. Di mana PDIP betul-betul membumikan itu," ujar Hasto dilansir Kumparan.com. 


    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tak Butuh Pemilih Muslim? Ini Faktanya

    Hasto pun berbalik menuding bahwa ada pihak yang sengaja membenturkan PDIP dengan umat Islam setelah pengesahan Perppu Ormas menjadi UU. "Itu bagian dari strategi kampanye yang ditiupkan pihak-pihak yang menolak Perppu tersebut," tukasnya.

    Adapun foto Megawati tersebut dicatut dari artikel  Jawapos.com. Foto identik ditemukan pada artikel berjudul "Sulit Cari Kader, Megawati Berniat Nyalon di Pilkada 2018" dimuat pada 12 November 2017.


    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tak Butuh Pemilih Muslim? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Megawati menyebut partainya tidak membutuhkan suara pemilih muslim adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dan tidak ada ucapan Megawati seperti klaim foto tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
    [Cek Fakta] Megawati Sebut PDIP Tak Butuh Pemilih Muslim? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://kumparan.com/kumparannews/dukung-uu-ormas-pdip-tak-takut-ditinggal-pemilih-muslim/full?fbclid=IwAR3euU1Sl84lAld_LVBo3szl_NUoHhg3YIZuLSDsKdjJeKfuA55PkXR4UGM
    2.https://www.jawapos.com/nasional/pemilihan/12/11/2017/sulit-cari-kader-megawati-berniat-nyalon-di-pilkada-2018/?fbclid=IwAR32L_KzQ_YYwgZdTHg6PHRiuDBHaXySVXyzuMxOg3VcHze0vPiB6xqCqOQ
    3.https://archive.vn/G7QJQ


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id