[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Joe Biden Angkat Donald Trump Menjadi Menteri Pertahanan? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 12 November 2020 06:30 WIB
    [Cek Fakta] Joe Biden Angkat Donald Trump Menjadi Menteri Pertahanan? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan calon presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump akan mengangkat pesaingnya Donald Trump menjadi Menteri Pertahanan. Narasi ini beredar di media sosial facebook.

    Akun Facebook atas nama Teddy Bayupati membagikan narasi ini pada 5 November 2020. Berikut narasinya.
     

    "Tadi malam "Joe Biden menelpon Bapak Jokowi".
    Joe : Sepertinya Trump ga mau ngaku kalah.  Enaknya diapain ya mas bro ?
    Jokowi : Diangkat jadi menteri pertahanan saja bro.
    ????????"


    Unggahan ini mendapatkan respon dari 74 warganet. Serta 10 komentar 13 kali dibagikan ulang.

    [Cek Fakta] Joe Biden Angkat Donald Trump Menjadi Menteri Pertahanan? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Joe Biden akan mengangkat Donald Trump menjadi Menhan adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut hasil suntingan dan sejauh ini Donald Trump belum mengakui kekakalahannya di Pilpres AS.

    Dilansir dari Tribunnews.com, Joe Biden sendiri berjanji akan merangkul semua pihak setelah resmi dilantik menjadi presiden AS nanti. Termasuk merangkul pendukung Calon Presiden Petahana, Donald Trump.

    Dalam pidato yang disampaikan dihadapan pendukungnya di kampung halamannya di Wilmington, Delaware, Biden meminta kepada pemilih Donald Trump untuk saling memberi kesempatan.

    "Saya memahami kekecewaan malam ini. Saya sendiri telah kalah beberapa kali. Tapi sekarang, mari saling memberi kesempatan. "Saya berjanji untuk menjadi presiden yang berupaya untuk tidak memecah belah, tetapi mempersatukan," kata Biden dilansir Tribunnews.com.

    [Cek Fakta] Joe Biden Angkat Donald Trump Menjadi Menteri Pertahanan? Ini Faktanya

    Dilansir dari Detik.com, Donald Trump masih enggan mengakui kekalahannya dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2020. Presiden AS terpilh Joe Biden menyebut hal itu memalukan.

    "Saya hanya berpikir itu memalukan, sejujurnya," kata Biden 

    Presiden terpilih dari Partai Demokrat itu mengatakan penolakan Trump tidak akan berpengaruh dengan pemerintahan AS yang baru nantinya. Biden yakin semua rencana dan kebijakannya akan tetap berjalan.

    "Fakta bahwa mereka tidak mau mengakui kami menang saat ini tidak terlalu berpengaruh dalam perencanaan kami," kata Biden.

    Joe Biden terpilih sebagai Presiden AS setelah electoral vote mencapai 279, sementara Donald Trump 214. Angka 279 yang menangkan Biden, cukup membawanya ke Gedung Putih. Namun penghitungan suara masih berlangsung dan angka untuk Biden sepertinya akan terus bertambah.
     
    The New York Times dan CNN menyebutkan Joe Biden meraih 279 electoral vote. Sementara Associated Press, Guardian menyampaikan penghitungan mereka Biden meraih 290 electoral vote, sementara Donald Trump tetap di 214.

    [Cek Fakta] Joe Biden Angkat Donald Trump Menjadi Menteri Pertahanan? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Joe Biden akan mengangkat Donald Trump menjadi Menhan adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut hasil suntingan dan sejauh ini Donald Trump belum mengakui kekakalahannya di Pilpres AS.

    Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
    [Cek Fakta] Joe Biden Angkat Donald Trump Menjadi Menteri Pertahanan? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://archive.vn/cJop
    2.https://manado.tribunnews.com/2020/11/08/joe-biden-stop-bicara-kasar-lawan-kita-juga-amerika-saya-berjanji-menjadi-presiden-untuk-semua
    3.https://news.detik.com/internasional/d-5250038/trump-masih-tak-akui-kekalahan-joe-biden-itu-memalukan


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id