[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kabar Musisi Armand Maulana Meninggal Hoaks, Ini Faktanya

    Wanda Indana - 12 Februari 2021 17:01 WIB
    [Cek Fakta] Kabar Musisi Armand Maulana Meninggal Hoaks, Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Musisi Armand Maulana dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini beredar di berbagai platform media sosial. 

    Akun Facebook Qie Onez turut membagikan kabar itu dengan mengunggah sebuah video yang memuat gambar monokrom vokalis grup band Gigi itu. Video itu berasal dari unggahan pengguna TikTok @ade_gari. Pada video tersebut terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:
     

    "Turut berduka kang arman moga amal dan ibadah nya D trima oleh Allah. amin


    slamat jln kang arman"


    Lalu, benarkah musisi Armand Maulana meninggal? Berikut cek faktanya. 


    [Cek Fakta] Kabar Musisi Armand Maulana Meninggal Hoaks, Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa musisi Armand Maulana meninggal adalah salah. Faktanya, kabar ini dibantah langsung oleh Armand. 

    Berdasarkan pemberitaan Medcom.id, melalui artikel berjudul "Dikira Meninggal Dunia, Armand Maulana Klarifikasi" dimuat pada 12 Februari 2021, dijelaskan bahwa kabar tersebut berasal dari sebuah artikel yang disalahpahami oleh warganet. Berikut isi penggalan artikelnya:

    Armand mengaku sempat terkejut dengan kabar tersebut hingga meramaikan kolom komentar media sosial miliknya. Ketika ia mencari tahu penyebab kabar yang keliru itu, ia menjelaskan kepada publik. Suami Dewi Gita ini menampilkan tangkapan layar judul artikel di salah satu portal berita.
     
    Pada artikel itu, dituliskan ungkapan duka dari Armand kepada salah satu musisi yang meninggal dunia. Setelah menampilkan gambar tersebut, Armand mengingatkan para pengikutnya untuk lebih teliti ketika membaca.
     
    "Ini mah bukan hoaks, tapi salah baca! Dari berita ini kita harus tahu bahwa baca dulu, budayakan membaca. Coba deh, baca baik-baik," tuturnya.
     
    "Bukan saya yang meninggal. Tapi, saya itu punya teman baik di Bandung, dia juga penyanyi, meninggal. Saya Insta Story, selamat jalan sahabatku. Gitu," jelasnya.

    Vokalis band GIGI ini pun menyayangkan apa yang terjadi kali ini. Kesalahan orang saat membaca menimbulkan kekeliruan dalam menyimpulkan informasi. Bahkan, informasi tersebut beredar luas dan dipercaya oleh netizen lainnya.
     
    "Beginilah kalau cuma baca selewat, langsung disebar. Please, budayakan membaca agar tidak ada berita yang salah," tutupnya.
     
    Sebelumnya, beredar unggahan salah satu akun Facebook yang menyatakan Armand Maulana meninggal dunia. "Selamat jalan pelantun lagu tanggal kelahiranku, Kang Arman Maulana," tulis akun itu.
     
    Kemudian, kabar tersebut menyebar hingga di media sosial lainnya. Sejumlah netizen terkejut dengan informasi yang mereka terima dan menyatakan kesedihan atas kabar meninggalnya Pelantun Lagu 11 Januari itu.



    [Cek Fakta] Kabar Musisi Armand Maulana Meninggal Hoaks, Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa musisi Armand Maulana meninggal adalah salah. Faktanya, kabar ini dibantah langsung oleh Armand.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Kabar Musisi Armand Maulana Meninggal Hoaks, Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.medcom.id/hiburan/musik/yKXDJmXK-dikira-meninggal-dunia-armand-maulana-klarifikasi
    https://archive.md/lC0Hf

    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

    Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb





    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id