[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Biden-Putin Dukung Pasangan Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024? Begini Faktanya

    Wanda Indana - 24 Juni 2021 11:38 WIB
    [Cek Fakta] Biden-Putin Dukung Pasangan Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024? Begini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah tangkapan layar yang memperlihatkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin duduk bersama dalam sebuah pertemuan resmi kenegaraan. Dinarasikan, foto itu sebagai dukungan kepada Presiden Joko Widodo dan istri untuk mengikuti Pilpres 2024. 

    Akun Facebook Joko Ngabalin membagikan foto tersebut pada Selasa, 22 Juni 2021. Akun itu mengunggah tangakapan layar sebuah video dengan terdapat logo pertal berita daring bbc.com berjudul "When Biden met Putin: We Support Jokowi-Iriana in Indonesian Presidential Election 2024".

     



    Pemilik akun juga menambahkan narasi pada unggahahnya, sebagai berikut:
     

    "Seluruh dunia mendukung Pack Day 3 Periode, cuma catdrone biadab yg benci Pack Day
    #JOKOWI3PERIODE #iribilangdrun #Salam3Periode #BanserNU"



    [Cek Fakta] Biden-Putin Dukung Pasangan Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024? Begini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan layar bahwa Biden bertemu Putin medukung Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, judul video hasil tangkapan layar itu telah diedit. 

    Pada situs BBC, video aslinya berjudul “When Biden met Putin: Decoding the world leaders’ body language” diunggah pada 17 Juni 2021. Pada deskripsi video dijelaskan bahwa Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joe Biden bertemu pada sebuah pertemuan puncak di Jenewa, Swiss. Video itu berisi uraian analia pakar membaca bahasa tubuh kedua petinggi negara itu. 
     

    "Kamera memang tidak diizinkan merekam pembicaraan, tetapi pakar bahasa tubuh Mary Civiello menjelaskan interaksi mereka di luar ruang negosiasi, dan mengungkap makna dari hubungan bilateral itu" bunyi keterangan video. 


    Video itu tidak ada hubungannya dengan isu perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi dan wacana dukungan Biden-Putin untuk Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024.


    [Cek Fakta] Biden-Putin Dukung Pasangan Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024? Begini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada tangkapan layar bahwa Biden bertemu Putin medukung Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, judul video hasil tangkapan layar itu telah diedit. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.


    [Cek Fakta] Biden-Putin Dukung Pasangan Jokowi-Iriana pada Pilpres 2024? Begini Faktanya


    Referensi:
    1. https://www.bbc.com/news/av/world-us-canada-57498906
    2. https://turnbackhoax.id/2021/06/24/salah-gambar-artikel-bbc-news-when-biden-met-putin-we-support-jokowi-iriana-in-indonesian-presidential-election-2024/
    3. https://archive.md/KxFFy


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id