comscore

[Cek Fakta] Benarkah Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk Pemilu 2024? Cek Faktanya

Wanda Indana - 06 Juli 2022 20:15 WIB
[Cek Fakta] Benarkah Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk Pemilu 2024? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Beredar video yang judul menarasikan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah resmi menunjuk Gubernur DKI Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Indonesia di pemilu 2024. Video ini beredar di media sosial. 

Akun Facebook ini turut membagikan video tersebut pada Senin, 30 Mei 2022. Pada unggahan videonya, akun ini menyertakan narasi sebagai berikut:
"RESMI TUNJUK GANJAR.! PEMER!NTAH M4R4H BESAR, LAKUKAN TIND4KAN INI ~ JOK0WI, MEGAWATI,PUAN MAHARANI"

Benarkah? Berikut cek faktanya.

[Cek Fakta] Benarkah Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk Pemilu 2024? Cek Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Ketum PDIP Megawati resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemili 2024 adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak sinkron. 

Setelah disimak, video berdurasi 8 menit 51 detik tersebut tidak ditemukan sama sekali pernyataan  Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres untuk pemilu 2024 . Video ini hanya berisi kumpulan video-video pendek yang terus diulang dan diisi dengan narasi opini tentang calon presiden dari Partai PDIP.

Video tersebut mengkompilasi beberapa video seperti video dari Ganjar yang mengunjungi Kampung Girpasang dan video arahan dari Puan Maharani pada jajaran pengurus DPC PDIP Boyolali, 19 Januari 2022. Sampai akhir video, tidak ditemukan pernyataan apapun dari Megawati terkait dengan capres.

Pula, hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari PDIP terkait siapa calon presiden yang akan diusung untuk pemilu 2024 mendatang.

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa Ketum PDIP Megawati resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemili 2024 adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak sinkron. 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

[Cek Fakta] Benarkah Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk Pemilu 2024? Cek Faktanya

Referensi:
-https://www.solopos.com/ganjar-pranowo-blusukan-ke-girpasang-klaten-warga-terima-kasih-1323562
-https://www.kompas.com/cekfakta/berita/142951982-hoaks-megawati-memutuskan-ganjar-sebagai-capres-yang-diusung-pdi-p

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016



(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id