[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Pembakar Bendera PDIP Anggotanya Sendiri yang Menyamar Ikut Tolak RUU HIP?

    M Rodhi Aulia - 26 Juni 2020 13:58 WIB
    [Cek Fakta] Pembakar Bendera PDIP Anggotanya Sendiri yang Menyamar Ikut Tolak RUU HIP?
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar narasi bahwa pembakar bendera PDI Perjuangan (PDIP) merupakan anggota atau simpatisan PDIP, yang menyamar ikut aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Narasi ini beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Azza yang mengunggah tangkapan layar berisi narasi tersebut, Jumat 26 Juni 2020. Pada tangkapan layar tampak logo situs berita CNNIndonesia.com dan tertanggal 24 Juni 2020.

    Berikut penggalan narasinya:

    "PEMBAKAR BENDERA PDI-P
    TERNYATA ADALAH ANGGOTA 
    SIMPATISAN PDI-P SENDIRI YG 
    MENYAMAR IKUT AKSI TOLAK 
    RUU HIP."


    Dalam tangkapan layar itu juga tampak dua buah foto. Pertama, foto yang memperlihatkan sejumlah orang yang membakar bendera PDIP dan kedua, foto memperlihatkan seorang aparat berseragam dan seseorang yang menggunakan peci tanpa baju.

    "Untung saja aparat kepolisan cepat sigap," seperti yang tertulis pada tangkapan layar.


    [Cek Fakta] Pembakar Bendera PDIP Anggotanya Sendiri yang Menyamar Ikut Tolak RUU HIP?


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa pembakar bendera PDI Perjuangan (PDIP) merupakan anggota atau simpatisan PDIP yang menyamar ikut aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.

    Bahwa benar muncul desakan agar pihak kepolisian menangkap pelaku pembakaran bendera PDIP dalam aksi tolak RUU HIP, beberapa waktu lalu di Jakarta. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kadernya untuk menempuh jalur hukum terkait pembakaran bendera tersebut.

    "Terus rapatkan barisan. Tempuhlah jalan hukum, perkuat persatuan dengan rakyat, karena rakyatlah cakrawati partai," kata Megawati seperti dilansir Medcom.id, Kamis 25 Juni 2020.


    [Cek Fakta] Pembakar Bendera PDIP Anggotanya Sendiri yang Menyamar Ikut Tolak RUU HIP?


    Namun hingga Jumat 26 Juni 2020 pukul 13.58 WIB, belum ada informasi bahwa aparat kepolisian telah menangkap pelaku pembakaran bendera tersebut. Sementara itu, foto dalam tangkapan layar yang memperlihatkan aparat dengan pria berpeci tanpa baju, tidak ada kaitannya dengan aksi pembakaran bendera PDIP.

    Dilansir Kumparan.com, foto itu sebenarnya sudah beredar pada awal Juni 2017. Foto itu memperlihatkan seorang anggota FPI.

    "Itu anggota FPI yang kemarin. Alhamdulillah tadinya preman dan bertaubat menjadi muslim yang taat setelah dibina FPI," kata Jubir FPI, Slamet Maarif, seperti dilansir Kumparan.com, Minggu 11 Juni 2017.


    [Cek Fakta] Pembakar Bendera PDIP Anggotanya Sendiri yang Menyamar Ikut Tolak RUU HIP?


    Kami juga menelusuri situs CNNIndonesia.com terkait artikel penangkapan pelaku pembakaran bendera PDIP dengan memuat foto tersebut. Hasilnya, kami tidak menemukan artikel yang memuat narasi dan foto tersebut.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa pembakar bendera PDI Perjuangan (PDIP) merupakan anggota atau simpatisan PDIP yang menyamar ikut aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    Referensi:
    https://www.medcom.id/nasional/politik/8koB3gRb-megawati-instruksikan-kader-laporkan-pembakaran-bendera-pdip
    https://kumparan.com/kumparannews/pria-bertato-anggota-fpi-yang-ramai-diperbincangkan/full


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id