Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Menag Yaqut tak Minta Pelaku Penistaan Agama Ditangkap? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 19 April 2021 09:12 WIB
    [Cek Fakta] Menag Yaqut tak Minta Pelaku Penistaan Agama Ditangkap? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak meminta pelaku penistaan agama ditangkap. Narasi ini beredar di media sosial.

    "Allah SWT telah menunjukkan siapa si b*ndon dobol yakut colil sebenarnya.....!!! Dimana ketika ada kasus terduga teroris yg selalu dituduhkan kepada agama Islam, dia paling keras suaranya agar segera ditumpahkan habis ,tangkap, dan segera diadili tanpa memberikan himbauan kepada rakyat untuk menghadapi kasus dengan tenang....!!! Baru terduga....!!!."


    Adalah akun facebook Abel Aprilio Hia yang mengunggah narasi tersebut, 19 April 2021. Berikut narasi selengkapnya:

    "Allah SWT telah menunjukkan siapa si b*ndon dobol yakut colil sebenarnya.....!!! Dimana ketika ada kasus terduga teroris yg selalu dituduhkan kepada agama Islam, dia paling keras suaranya agar segera ditumpahkan habis ,tangkap, dan segera diadili tanpa memberikan himbauan kepada rakyat untuk menghadapi kasus dengan tenang....!!! Baru terduga....!!!

     



    Sedangkan ini sudah jelas ada yg menghina nabi Muhammad Saw dan menghina agama Islam secara terang terangan bahkan tidak segan menantang siapapun yg berani melaporkan. Justru si bondon dobol colil malah menghimbau untuk tenang....!!!

    Menteri Agama sibondon dobol Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi dugaan kasus penghinaan agama oleh Jozeph Paul Zhang..!!! Sudah nyata orang nya sudah nyata kasusnya. Kog masih dibilang dugaan...!!!!??????

    kata sibondon dobol Yaqut "Saya minta masyarakat untuk tetap tenang, mengedepankan kebersamaan dan toleransi di tengah upaya berbagai pihak mengadu dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa," 
    ____________
    Ini menandakan bahwa mreka seluruh pejabat negara sangat tunduk kepada mreka taipan yg bermata sipit....!!!!
    Masih percaya dengan keadilan di Indonesia???
    Ah da cebongmah tetap aja DOBOL..!!!."



    [Cek Fakta] Menag Yaqut tak Minta Pelaku Penistaan Agama Ditangkap? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak meminta pelaku penistaan agama ditangkap, adalah salah. Faktanya, Menteri Yaqut juga meminta aparat menindak semua pelaku penistaan agama tanpa terkecuali.

    Akun facebook itu membagikan link artikel Tempo.co berjudul "Menteri Agama Minta Umat Tenang Hadapi Penistaan Agama oleh Jozeph Paul Zhang". Padahal jika diperhatikan, artikel itu juga memuat permintaan Yaqut agar pelaku penistaan agama ditindak tanpa terkecuali.


    "Saya mendorong aparat untuk menindak setiap pelaku ujaran atau pun perbuatan yang mengarah pada penistaan agama. Tidak hanya terkait kasus Jozeph Paul Zhang dan Desak Made, tapi siapapun pelakunya," kata Yaqut seperti dilansir Tempo.co, Minggu 18 April 2021.


    Yaqut menegaskan penistaan agama tidak dibenarkan atas alasan apapun. Namun Yaqut meminta masyarakat percaya pada aparat hukum untuk menangani kasus ini.


    [Cek Fakta] Menag Yaqut tak Minta Pelaku Penistaan Agama Ditangkap? Ini Faktanya


    Dilansir Medcom.id, Yaqut mengapresiasi Polri yang langsung memproses laporan masyarakat terkait pengakuan Jozeph Paul Zhang sebagai nabi ke-26. Langkah polisi dinilai baik.

    "Saya mengapresiasi langkah proaktif aparat dalam menindaklanjuti dan mengambil tindakan atas laporan ujaran yang mengandung penistaan dan menimbulkan keresahan," kata Yaqut seperti dilansir Medcom.id, Minggu 18 April 2021.


    Yaqut juga memberikan jempol atas tindakan polisi yang sigap memproses dugaan penistaan agama Hindu oleh Desak Made Darmawanti. Yaqut meminta proses hukum keduanya dilanjutkan meski pelaku meminta maaf.

    Yaqut mengutuk keras tindakan keduanya. Pasalnya, menghina agama merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan dengan alasan apa pun.
     
    Dia juga meminta masyarakat tidak terprovokasi. Masyarakat diminta menyerahkan pengusutan kasus kepada polisi.
     

    "Saya minta masyarakat untuk tetap tenang, mengedepankan kebersamaan dan toleransi di tengah upaya berbagai pihak mengadu dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Yaqut.

     
    Selengkapnya dapat dibaca di sini:

    Polri Respons Cepat Kasus Jozeph Paul Zhang, Menag Beri Jempol


    [Cek Fakta] Menag Yaqut tak Minta Pelaku Penistaan Agama Ditangkap? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak meminta pelaku penistaan agama ditangkap, adalah salah. Faktanya, Menteri Yaqut juga meminta aparat menindak semua pelaku penistaan agama tanpa terkecuali.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Menag Yaqut tak Minta Pelaku Penistaan Agama Ditangkap? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://nasional.tempo.co/read/1453898/menteri-agama-minta-umat-tenang-hadapi-penistaan-agama-oleh-jozeph-paul-zhang/full&view=ok
    https://m.medcom.id/nasional/hukum/ZkeYGZAk-polri-respons-cepat-kasus-jozeph-paul-zhang-menag-beri-jempol
    https://archive.md/lWXiJ


    Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id