Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera Hijau Afrika? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 04 Januari 2021 12:02 WIB
    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera Hijau Afrika? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di WhatsApp
    Beredar sebuah foto memperlihatkan kemasan produk dengan tulisan "Sinovac". Foto itu beredar melalui pesan berantai WhatsApp, baru-baru ini. 

    Foto itu dinarasikan vaksin covid-19 Sinovac mengandung sel vero atau jaringan kera hijau Afrika. Berikut narasi selengkapnya:

    "Coba perhatikan kemasan vaksin sinovac covid 19 yg akan disuntikan kepada warga jelas bertuliskan, only for clinical trial( hanya untuk uji coba klinis, alias kelinci percobaan)  dan perhatikan,, composition and description,, yaitu berasal dari vero cell atau berasal dari jaringan kera hijau Aprika, kemudian mengandung virus hidup yg dilemahkan, dan mengandung bahan dasar berbahaya ( boraks formaline aluminium, merkuri dll)   belum lagi yg tidak tertulis pada kemasan yaitu tidsk ada jaminan tertular penyakit setelah divaksin. Waspada waspada."


    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera Hijau Afrika? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa vaksin covid-19 Sinovac mengandung jaringan kera hijau Afrika, adalah salah. Faktanya, vaksin Sinovac tidak mengandung jaringan kera hijau Afrika.

    Dilansir Medcom.id, Juru bicara vaksin covid-19 PT Bio Farma, Bambang Herianto, membantah informasi tersebut. Ia menegaskan vaksin yang disuntikkan kepada manusia tidak mengandung jaringan tersebut atau sel vero.

    "Karena sel vero hanya digunakan sebagai media kultur untuk media kembang dan tumbuh virus. Kemudian untuk proses perbanyakan virus serta sebagai bahan baku vaksin," kata Bambang seperti dilansir Medcom.id, Minggu 3 Januari 2021.

    Menurut dia, media kultur berfungsi untuk mempertahankan virus agar tak mati. Jika tak ada media kultur, pembuatan vaksin sulit dilakukan. 

    Berikut selengkapnya:
    Vaksin Sinovac Tidak Mengandung Sel Vero


    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera Hijau Afrika? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa vaksin covid-19 Sinovac mengandung jaringan kera hijau Afrika, adalah salah. Faktanya, vaksin Sinovac tidak mengandung jaringan kera hijau Afrika.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera Hijau Afrika? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/wkBW2OBK-vaksin-sinovac-tidak-mengandung-sel-vero


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id