comscore

[Cek Fakta] Beredar Video Tentara Tiongkok Melawan TNI untuk Amankan Asetnya di Indonesia? Cek Faktanya

Wanda Indana - 01 Juli 2022 18:24 WIB
[Cek Fakta] Beredar Video Tentara Tiongkok Melawan TNI untuk Amankan Asetnya di Indonesia? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan tentara Tiongkok melawan TNI untuk mengamankan asetnya di Indonesia. Video itu beredar di media sosial dan pesan berantai. 

Video yang beredar disertai narasi sebagai berikut:
"Tentara Cina SDH mulai beraksi kang SDH berani melawan tentara kita...Krn dia SDH membawa senjata perorangan...mulai beraksi.dr kelompok kecil...alasannya pengamanan aset aset nya..kebon sawit dan lain 2..itu alasannya tp sebenarnya ingin menunjukkan bahwa tentara Cina SDH menguasai.wilayah."

Benarkah? Berikut cek faktanya.

[Cek Fakta] Beredar Video Tentara Tiongkok Melawan TNI untuk Amankan Asetnya di Indonesia? Cek Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan tentara Tiongkok melawan TNI untuk merebut asetnya di Indonesia adalah salah. Faktanya, video aslinya adalah bentrok warga dengan polisi dan TNI di Aceh.

Melalui reverse image, video serupah diunggah akun YouTube Tribun Timur berjudul "Warga Bela Pelaku Tambang Ilegal, Nyaris Bentrok dengan Polisi dan TNI" dimuat 30 Juni 2022.

Dalam deskripsi video dijelaskan bahwa aparat kepolisian bersama TNI mengamankan terduga pelaku illegal mining (tambang ilegal) di Jalan Geumpang – Meulaboh, KM 18, Kabupaten Pidie. Upaya penangkapan itu mendapat larangan dari warga setempat dan mencoba melindungi pelaku. 

Pula, dilansir detik.com, Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan, kejadian tersebut bermula saat polisi hendak menindak penambangan emas ilegal di Pegunungan Bangkeh KM 21, Kecamatan Geumpang, Pidie. Di lokasi tersebut, warga melakukan penambangan menggunakan alat berat.

"Dalam penindakan itu, petugas sudah mengamankan empat terduga pelaku penambangan ilegal dan satu unit alat berat jenis ekskavator," kata Winardy kepada wartawan, Rabu 29 Juni 2022.

Dalam perjalanan pulang, polisi diadang sekelompok warga menggunakan mobil pikap di Tower KM 12. Warga disebut menanyakan penangkapan para penambang. Setelah dijelaskan, warga bubar setelah diberi pemahaman dan negosiasi.

Tak lama berselang, polisi kembali diadang di jalan Geumpang-Meulaboh di KM 18. Di lokasi itu juga ada pihak TNI dari Koramil Geumpang yang melakukan cooling down kepada warga. Mobil petugas digeledah untuk memastikan pelaku illegal mining tidak dibawa. Setelah dilakukan negosiasi, polisi akhirnya meninggalkan lokasi. Winardy menyebut, TNI berada di lokasi untuk mendinginkan warga.

"TNI-Polri memastikan situasi di lapangan saat ini aman dan kondusif," ujarnya."

Kesimpulan
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan tentara Tiongkok melawan TNI untuk merebut asetnya di Indonesia adalah salah. Faktanya, video aslinya adalah bentrok warga dengan polisi dan TNI di Aceh.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

[Cek Fakta] Beredar Video Tentara Tiongkok Melawan TNI untuk Amankan Asetnya di Indonesia? Cek Faktanya

Referensi
-https://www.youtube.com/watch?v=iFPnXhmUHKI
-https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-6154216/polisi-dihadang-warga-saat-hendak-tangkap-pelaku-penambang-ilegal

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016



(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id