[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 21 Mei 2020 14:07 WIB
    [Cek Fakta] WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar informasi menyatakan bahwa vegetarian tidak terkena virus Korona atau covid-19. Informasi itu menyebar melalui media sosial.

    Akun Facebook Tan Lay Tho membagikan informasi tersebut melalui unggahan tangkapan layar artikel daring dengan narasi "No Vegetarian is effected by CORONA. Corona requires animal fat in body - WHO". Seolah, pernyataan tersebut berasal dari WHO. Pula, pemilik akun menambahkan keterangan dari unggahannya bertuliskan:

    "Semua Pengamal Sayuran, Vegetarians tidak kena Covid19, sebab minyak binatang ada lah sumber hidup Viruses ni mengikut sumber United Nation-World Health Organization."


    [Cek Fakta] WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa WHO mengeluarkan pernyataan bahwa vegetarian tidak terkena covid-19 adalah salah. Faktanya, WHO tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Klaim tersebut banyak beredar di India dan isu tersebut sudah dibantah oleh representatif WHO di India.

    Dilansir situs pemeriksa fakta berbasis di India altnews.in, Representatif WHO di India Supriya Bezbaruah membantah pihaknya mengeluarkan pernyataan tersebut. “WHO tidak mengeluarkan pernyataan itu,” kata Supriya menaggapi konfirmasi altnews.in melalui email.


    [Cek Fakta] WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19? Ini Faktanya


    Kantor berita AFP juga meminta konfirmasi terkait klaim tersebut pada Sekretaris Jenderal Indian Medical Association Dr. R.V. Asokan.  Asokan juga membantah bahwa vegetarian aman dari covid-19.

    “Sama sekali tidak benar klaim-klaim itu. Tidak ada bukti medis bahwa makanan non-vegetarian berhubungan dengan kematian yang disebabkan oleh covid-19,” bantahnya.


    [Cek Fakta] WHO Sebut Vegetarian Aman dari Covid-19? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa WHO mengeluarkan pernyataan bahwa vegetarian tidak terkena covid-19 adalah salah. Faktanya, WHO tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Klaim tersebut banyak beredar di India dan isu tersebut sudah dibantah oleh representatif WHO di India.

    Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng suatu pihak atau lembaga.


    Referensi:
    https://www.altnews.in/false-quote-attributed-to-who-claims-no-vegetarian-has-been-affected-by-coronavirus/
    https://factcheck.afp.com/hoax-circulates-not-single-vegetarian-has-contracted-covid-19-according-who
     

    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id