[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Foto Penampakan Warga Tiongkok Masuk Indonesia di Tengah Isu Korona? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 16 Maret 2020 06:34 WIB
    [Cek Fakta] Foto Penampakan Warga Tiongkok Masuk Indonesia di Tengah Isu Korona? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi palsu di pesan berantai WhatsApp
    Beredar sebuah foto tangkapan layar pemberitaan, memperlihatkan sejumlah orang tiba di bandara. Mereka menggunakan masker dan membawa koper dengan kereta dorong alias troli. 

    Terhadap foto itu dinarasikan bahwa sejumlah warga Tiongkok merangsek masuk Indonesia melalui Bandara Haluoleo, Sulawesi Tenggara (Sultra). Atas foto itu, pemerintah pusat dan daerah dituding tidak sensitif terhadap rakyat Indonesia di tengah pandemi virus korona atau covid-19.

    Berikut narasi yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp:

    "Gila ney... orang cina baru datang lagi. Ini bagaimana pemerintah pusat dan daerahnya apa tidak sensitif terhadap rakyatnya sendiri. Keterlaluan nih rejim."

    [Cek Fakta] Foto Penampakan Warga Tiongkok Masuk Indonesia di Tengah Isu Korona? Ini Faktanya



    Pula Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengunggah narasi senada. Ia mempertanyakan kedatangan sejumlah warga Tiongkok di tengah meningkatnya pasien positif terinfeksi virus korona.

    "Ketika Korban Virus Korona Makin Banyak Berjatuhan Di Indonesia. Saat MenLuRI&Negara2 Lain Makin Ketatkan Penerimaan Turis/WNA.  Ketibaan TKA di Bandara Haluoleo SulTra Yg Terekam Video dan Viral, Terasa Sangat Aneh bin Janggal," kata Hidayat di akun twitternya @hnurwahid, Senin 16 Maret 2020.


    [Cek Fakta] Foto Penampakan Warga Tiongkok Masuk Indonesia di Tengah Isu Korona? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto itu memperlihatkan warga Tiongkok yang baru tiba di Indonesia, adalah salah.

    Faktanya, foto itu merupakan tangkapan layar dari sebuah video viral berdurasi 58 detik. Foto itu memperlihatkan sejumlah warga Tiongkok dari total 40 orang, yang baru tiba dari Jakarta. 

    Mereka adalah tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok di sebuah perusahaan tambang. Mereka berada di Jakarta untuk keperluan perpanjangan visa.

    "Kami sudah lakukan pengecekan langsung. Iya benar mereka (TKA) dari perusahaan smelter yang ada di Sultra," kata Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam, seperti dikutip Detik.com, Minggu 15 Maret 2020.

    Merdisyam menegaskan bahwa 40 TKA tersebut dalam keadaan sehat walafiat. Mereka telah mendapatkan sertifikat karantina bebas dari korona.

    "Sudah ada sertifikat karantina. Mereka aman," tegas Merdisyam.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto itu memperlihatkan warga Tiongkok baru tiba di Indonesia, adalah salah. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    Referensi:
    https://m.detik.com/news/berita/d-4940303/viral-video-tka-di-bandara-haluoleo-kapolda-mereka-pulang-dari-perpanjangan-visa?tag_from=wpm_nhl_5

     



    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id