[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dalam Kondisi Kritis? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 16 April 2021 16:56 WIB
    [Cek Fakta] Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dalam Kondisi Kritis? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj kondisinya kritis. Video beredar di youtube.

    Kanal youtube WARUNG POLITIK membagikan video ini pada 16 April 2021. Video berjudul "KONDISINYA KRITIS SETELAH LECEHKAN ISLAM ~ NEWS TERKINI SAID AQIL SIROJ PBNU JOKOWI" telah ditonton 2.200 orang.






    Dalam halaman sampul video tersebut, Said Aqil tampak tertunduk pucat di atas kursi. Terdapat kutipan sebagai berikut.

    "Akhirnya Terpakar..!!!! Kondisinya Kian Memburuk Setelah Penyakit Kelamin Mengikisnya"

    [Cek Fakta] Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dalam Kondisi Kritis? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Ketum PBNU Said Aqil Siradj kondisinya kritis adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi terkait hal tersebut.

    Klaim foto yang digunakan dalam halaman sampul video tersebut adalah foto yang sudah lama beredar. Foto tersebut adalah kondisi saat Said Aqil menjalani pemulihan setelah positif Covid-19 tahun lalu.

    Foto tersebut diunggah di akun twitter resmi Ketua PBNU @robikinemhas pada 14 Desember 2020. Berikut cuitannya "Alhamdulillah Ketum PBNU KH Said Aqil tampak sangat fresh pasca terbebas dari covid19. Sehat terus, kiai"

    [Cek Fakta] Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dalam Kondisi Kritis? Ini Faktanya


    Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj sendiri kemarin Rabu, 14 April 2021 masih berkegiatan menerima Ketua Umum Forkoma PMKRI Hermawi Fransiskus Taslim di kantornya.

    Ketua Umum Forkoma PMKRI Hermawi Fransiskus Taslim menyambangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Kramat Raya, Jakarta Pusat, pada Rabu (14/4/2021).

    Dalam kunjungannya itu, Hermawi Taslim bersama Ketua Umum Ikatan Alumni PMII yang juga tokoh NU Effendi Choiri diterima langsung oleh Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj.

    Taslim menyampaikan, apresiasi yang tinggi dari segenap umat Katolik Indonesia atas empaty yang ditunjukan oleh KH Aqil Siradj dengan mengunjungi para korban bom bunuh diri di gereja katedral Makkasar pada 11 April, lalu.

    Saat itu, KH Aqil Sirajd juga memberi bantuan kepada para korban yang langsung diterima oleh Uskup Agung Makkasar Mgr. John Liku Ada.

    [Cek Fakta] Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dalam Kondisi Kritis? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Ketum PBNU Said Aqil Siradj kondisinya kritis adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Ketum PBNU Said Aqil Siradj Dalam Kondisi Kritis? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://twitter.com/robikinemhas/status/1338376136707907584
    2.https://www.tribunnews.com/nasional/2021/04/15/saat-mata-ketum-forkoma-pmkri-berkaca-kaca-di-hadapan-kh-said-aqil-siradj-kami-tidak-sendiri


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id