Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Korona? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 06 Juni 2021 13:40 WIB
    [Cek Fakta] FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Korona? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp



    Beredar sebuah narasi bahwa Pendiri Microsoft Bill Gates ditangkap FBI (Federal Bureau of Investigation) karena menciptakan virus Korona. Narasi ini beredar di WhatsApp, baru-baru ini.

    Berikut narasi selengkapnya:

     



    "Jutawan Microsoft, Bill Gates (64) telah ditangkap oleh FBI hari ini atas tuduhan kejahatan/ keganasan biologi , yg diciptakan oleh Bill Gates , setelah terungkap bahawa BILL GATES LAH yg mencipta coronavirus , sehingga dia dapat mengendalikan dunia , kerana dia selalu berminat dengan perkara semacam itu.....  Lebih dari 1000 petugas FBI mengepung bungker sains Seattle bawah tanahnya milik BILL GATES , yang mempunyai penjagaan yg sangat ketat ,  awal hari ini  markas Corona di gerebek oleh FBI , DAN FBI  menyuruh  mereka  keluar dengan tangannya diatas, dan membawa semua oknum2 yg bikin COVID-19.......  Penangkapan Bill Gates dilaporkan adalah hasil maklumat dari ahli teori konspirasi Melbourne yang melanggar sekatan penutupan Victoria semalam untuk menyebarkan 'kebenaran' mengenai wabah yang disebut ini."


    [Cek Fakta] FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Korona? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Bill Gates ditangkap FBI (Federal Bureau of Investigation) karena menciptakan virus Korona, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

    Di sisi lain, narasi senada juga pernah beredar pada Mei 2020. Narasi itu disebut berasal dari sebuah surat kabar, The Betoota Advocate.

    Surat kabar itu dikenal sebagai surat kabar yang memuat informasi jenis satire atau sindiran. Sehingga dapat dipastikan informasi tersebut tidak menerangkan keadaan yang sebenarnya.

    "The Betoota Advocate adalah situs berita satir di Australia yang mempublikasikan berita internasional, nasional, dan lokal. Mereka kerap memberikan "bumbu" dalam topik-topik yang sedang hangat berdasarkan pengamatan sosial," tulis situs RMOL.ID dalam laporannya, Jumat 15 Mei 2020.


    [Cek Fakta] FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Korona? Ini Faktanya



    Sementara itu pada 3 Juni 2021, Bill Gates muncul dalam akun instagramnya. Ia mengungkap kisah seorang dokter di sebuah negara di kawasan Afrika Barat. Sierra Leone. Dokter itu dianggap sebagai salah satu inspirator dalam hal peningkatan kualitas kesehatan orang banyak.

    "Dr Mohamed Bailor Barrie tidak pernah berpikir dia akan menjadi seorang dokter. Tumbuh dalam kemiskinan di Sierra Leone utara, ia melihat sejak usia muda bagaimana perawatan kesehatan yang berkualitas membantu orang menjalani kehidupan yang lebih baik. Sekarang, setelah membantu negaranya memerangi Ebola dan COVID-19, Dr. Barrie telah menjadi salah satu pemimpin kesehatan Sierra Leone. Kisahnya sungguh menginspirasi," tulis Bill.


    [Cek Fakta] FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Korona? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Bill Gates ditangkap FBI (Federal Bureau of Investigation) karena menciptakan virus Korona, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] FBI Tangkap Bill Gates karena Ciptakan Virus Korona? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://dunia.rmol.id/berita/434945-heboh-rumor-bill-gates-ditangkap-fbi-karena-ciptakan-covid-19-ini-penjelasan-sebenarnya
    https://www.instagram.com/p/CPqfDOVLcMF/


    Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id