[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Jokowi Sebut PPKM Buat Ekonomi Masyarakat Naik? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 29 Juli 2021 12:29 WIB
    [Cek Fakta] Jokowi Sebut PPKM Buat Ekonomi Masyarakat Naik? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah pernyataan Presiden Joko Widodo terkait dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jokowi menyebut PPKM membuat ekonomi masyarakat naik.

    Akun facebook Jabir Markusip membagikan foto ini pada 29 Juli 2021. Berikut pernyataan Jokowi saat mempresentasikan hasil PPKM.
     

    "Silahkan lihat datanya Semenjak Saya berlakukan PPKM Ekonomi Rakyat Malah semakin naik Semua Jualan mereka laku Jual TV laku, Jual Kulkas laku, Jual tabung Gas laku.. Jadi nikmat Apa lagi yg kau dustakan Rakyat Indonesia"


    [Cek Fakta] Jokowi Sebut PPKM Buat Ekonomi Masyarakat Naik? Ini Faktanya

     



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Jokowi menyebut PPKM membuat ekonomi masyarakat naik adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut fiktif.

    Foto tersebut adalah momen saat Jokowi mempresentasikan hasil PPKM pada 11-25 Januari 2021. Dilansir beritasatu.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekecewaannya terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pada 11-25 Januari 2021.

    “Saya ingin menyampaikan yang berkaitan dengan PPKM tanggal 11-25 Januari 2021. Kita harus ngomong apa adanya. Ini tidak efektif. Mobilitas juga masih tinggi, karena kita memiliki index mobility-nya sehingga di beberapa provinsi Covid tetap naik,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang membahas tentang Pendisiplinan Melawan Covid-19, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 Januari 2021.

    Rapat yang diselenggarakan secara tertutup dan tidak dapat diliput media, baru diunggah videonya di akun Youtube Sekretariat Presiden, pada Minggu, 31 Januari 2021.

    Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi dengan nada tinggi mengungkapkan bahwa esensi dari kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan di tengah pandemi saat ini adalah mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya mobilitas masyarakat untuk menekan laju penularan Covid-19.

    Oleh karena itu, ketegasan dan konsistensi dari penerapan kebijakan tersebut sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

    "Esensi dari PPKM ini kan membatasi mobilitas, tetapi yang saya lihat di implementasinya ini kita tidak tegas dan tidak konsisten," ujarnya.

    [Cek Fakta] Jokowi Sebut PPKM Buat Ekonomi Masyarakat Naik? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Jokowi menyebut PPKM membuat ekonomi masyarakat naik adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut fiktif.

    Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
    [Cek Fakta] Jokowi Sebut PPKM Buat Ekonomi Masyarakat Naik? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.beritasatu.com/nasional/726221/presiden-jokowi-kecewa-ppkm-tidak-efektif
    2.https://archive.fo/T9A8w


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id