Seorang Pria Tewas Saat Mendengarkan Musik dengan Kondisi HP Dicharge? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 12 November 2019 14:17 WIB
    Seorang Pria Tewas Saat Mendengarkan Musik dengan Kondisi HP <i>Dicharge</i>? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Akun Facebook Desy Aryanti membagikan sebuah artikel daring dari situs mari-sebarkan.blogspot.com yang berjudul “TERULANG KEMBALI, KORBAN AKIBAT MEMAKAI HP SAMBIL DI CAS”. Unggahan itu disebarkan pada Sabtu, 9 Novemeber 2019.

    Terlihat dalam artikel memperlihatkan punggung seorang pria dipenuhi luka berbentuk lubang-lubang kecil dengan lumuran darah. Disebutkan, pria itu meninggal akibat tersengat listrik karena menggunakan Handphone, sambil mendengarkan musik menggunakan erphone dengan kondisi Handphone dalam keadaan di-charge.

    Berikut secara lengkap narasi dari artikel tersebut:
    Sudah banyak kejadian dimana kita ngecarge hp sambil di gunakan untuk nelpon atau sekedar mendengarkan lagu yang ada di hp terjadi ledakan. Berhati-hatilah dalam menggunakan hp, bila batre sedang kosong matikan dan charge lah.

    Pria ini meninggal akibat menggunakan Handphone, sambil mendengarkan musik pakai Handset, sambil di Cas dan pria tersebut ketiduran. Arus Listrik yang masuk melalui telinga sampai ke sekujur tubuh nya Dan Meletup letup sampai membentuk lubang-lubang di seluruh tubuh pria tersebut…”

    Pria ini meninggal akibat menggunakan Handphone, sambil mendengarkan musik pakai Handset, sambil di Cas dan pria tersebut ketiduran. Arus Listrik yang masuk melalui telinga sampai ke sekujur tubuh nya Dan Meletup letup sampai membentuk lubang-lubang di seluruh tubuh pria tersebut...

    Peringatan, agar selalu menggunakan hp dalam porsinya, bila sudah dalam keadaan kosong, biarkanlah cas dahulu, jangan di paksakan terus menerus digunakan.

    Mari berdoa Semoga keluarga yang di tinggalkan di beri kesabaran dan semoga beliau di terima di sisi Allah, amiin.

    Bantu untuk sebarkan/share informasi penting ini kepada teman, sahabat, keluarga, orang-orang terdekat dll. agar kejadian ini tidak terulang kembali.



    Seorang Pria Tewas Saat Mendengarkan Musik dengan Kondisi HP <i>Dicharge</i>? Ini Faktanya



    Penelusuran:
    Setelah ditelusuri, foto yang terdapat dalam artikel tersebut berasal dari dari laman Twitter Kashmir Global. Pria dalam foto itu bukan tewas karena menggunakan HP yang di-charge. Melainkan, terkena tembakan pellet gun atau air gun. Peristiwa itu terjadi di India.

    Kashmir Global mengunggah foto tersebut pada 12 Oktober 2015. Akun itu memberi caption Youth injured in #Bijbehara South #Kashmir today by Indian forces. Indian forces fire pellet gun shots on protesters’’ atau dalam terjemahan bahasa Indonesia "Pemuda terluka di #Bijbehara Selatan #Kashmir hari ini oleh pasukan India. Pasukan India menembakkan tembakan pelet pada pengunjuk rasa".

    Merujuk laman turnbackhoax, informasi hoaks itu sudah beredar sejak tahun 2015. Bahkan hampir setiap tahun, klaim ini kembali beredar dengan versi yang hampir mirip.


    Seorang Pria Tewas Saat Mendengarkan Musik dengan Kondisi HP <i>Dicharge</i>? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Foto yang memperlihatkan seorang pria meninggal karena menggunakan HP sambil di-charge adalah salah. Foto diambil dari akun Kashmir Global. Faktanya, pria itu tewas karena terkena tembakan pellet gun atau air gun.


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2019/11/09/salah-foto-korban-meninggal-karena-mendengar-musik-pakai-handset-saat-hpnya-dicharge-dan-ketiduran/
    https://twitter.com/kashmirglobal/status/656770647960457216


    Sumber:
    https://www.facebook.com/desy.aryanti.1232/posts/719602811867458
    https://mari-sebarkan.blogspot.com/2016/01/terulang-kembali-korban-akibat-memakai.html?m=1&fbclid=IwAR1GlFs2pHasNpW_UdFIlh1VVPs6mV5fjb7CvWl5L9N5gWRXczsUaTKBkOM#

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id