[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Juga Positif Korona? Hoaks

    Wanda Indana - 17 Maret 2020 12:00 WIB
    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Juga Positif Korona? Hoaks
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook)
    Kabar beredar menyebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim positif terinfeksi virus Korona tipe baru alias covid-19. Kabar itu menyebar melalui media sosial Facebook. 

    Adalah Akun Facebook Umi Cinta membagikan kabar tersbeut dengan mengunggah dua foto. Foto pertama, tangkapan layar (screenshot) memperlihatkan sejumlah tenaga medis yang sedang menangani pasien covid-19. Foto itu terlihat dari artikel yang diunggah situs OPERANEWSAPP.COM berjudul "Menteri Nadiem Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri".

    Foto kedua memperlihatkan tangkapan layar dari artikel yang diunggah Twitter Kumparan.com, berjudul "Pemerintah Lacak Jejak Kegiatan Menhub Budi Karya Sumadi Sebelum Kena Corona", pada Sabtu, 14 Maret 2020. 


    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Juga Positif Korona? Hoaks


    Penelusuran:
    Setelah ditelusuri, informasi yang menyebut Mendikbud Nadiem Makarim positif terinfeksi korona adalah salah. Faktanya, foto yang disebar akun Umi Cinta telah disunting. 

    Melalui reverse image, foto yang diunggah akun Facebook Umi Cinta berasal dari artikel Tribunnews.com berjudul "Menteri Nadine Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri" dimuat pada Rabu, 11 Maret 2020.

    Di dalam artikel tersebut, bukan Menteri Nadiem yang terkena Korona, melainkan Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries yang terinfeksi covid-19. Terjadi penyuntingan pada judul dari kata "Nadine" diubah menjadi "Nadiem". 

    Kemudian, unggahan foto kedua yang memperlihatkan foto Menhub Budi yang terinfeksi covid-19, dimaksudkan untuk mengarahkan pada spekulasi Mendikbud Nadiem terkena virus korona dari Menhub Budi. 


    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Juga Positif Korona? Hoaks


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa informasi yang menyebut Mendikbud Nadiem Makarim positif terinfeksi korona adalah salah. Faktanya, Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries yang terinfeksi covid-19. 

    Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    Referensi:
    https://jateng.tribunnews.com/2020/03/11/menteri-nadien-dinyatakan-positif-virus-corona-jalani-isolasi-secara-mandiri


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.






    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id