comscore

[Cek Fakta] Pertolongan Pertama Luka Bakar dengan Tepung Terigu Hoaks, Begini Faktanya

Wanda Indana - 05 November 2021 12:24 WIB
[Cek Fakta] Pertolongan Pertama Luka Bakar dengan Tepung Terigu Hoaks, Begini Faktanya
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Beredar narasi di media sosial tentang penggunaan tepung terigi dalam pertolongan pertama pada luka bakar akibat minyak panas. Disebutkan, penggunaan tepung terigu pada luka bakar didasarkan pada pengalaman pribadi. 

Akun Facebook Upik Dregd ikut membagikan narasi ini pada Selasa, 26 Oktober 2021. Akun ini mengunggah dua foto akan kecil perempuan dengan sekujur tubuh penuh dengan tepung. 
Berikut penggalan narasi yang beredar:

"Copas
#Tips penanganan tersiram minyak panas, semoga bermanfaat...!!!
Semoga bermanfaat bagi anggota PMI yang interaksinya banyak didapur. Saya Copas dari sebelah.
Hari ini sekilas tadi saya membaca postingan tentang orang yang tersiram minyak panas, sudah dibawa kedokter namun tetap melepuh. Lalu bingung penangannya.
Saya jadi tergelitik untuk membuat postingan ini, sebenarnya sudah pernah saya share di WA story waktu kejadian. Sekarang saya coba share di fb agar bermanfaat untuk lebih banyak orang.
Sebenarnya sayapun pernah mengalami, tapi kan gak sempat selfi ????.
Jadi ini ambil pengalaman anak saya beberapa bulan lalu waktu bantu saya goreng pempek.
Karena dia tidak mengikuti arahan maka hal ini terjadi. 
Dan hal itu pula yang menimpa Kiya anak saya. Minyak sekitar 2 literan lebih diwajan ikut muncrat semua hingga tertinggal tinggal kurang dari stengah liter.
Bisakah anda bayangkan bagaimana luka bakar & bagaimana kulit akan melepuh saat terciprat minyak panas hampir 2 liter diwajah & tangan. Bahkan minyak yang tersiram diwajah sampai pucat seperti habis cuci muka.
Lalu bagaimana penangannya ?
Ada yg dioles odol / pasta gigi ? Stop jangan lakukan itu akan menambah proses pembakaran dikulit.
Langsung dibawa ke dokter ?
Stop jangan panik & jangan langsung dibawa kedokter. Waktu yang terbuang untuk mengeluarkan mobil/motor juga perjalanan menuju klinik akan membuat proses pembakaran dikulit semakin parah. Dokter hanya akan memberi salep dan itu tidak akan membuat kulit anda aman. Kulit akan tetap melepuh dengan rasa panas setidaknya seharian.
Tips saya, selalu punya stock terigu didapur untuk hal-hal seperti ini. Lebih bagus lagi bila terigu disimpan dikulkas."



[Cek Fakta] Pertolongan Pertama Luka Bakar dengan Tepung Terigu Hoaks, Begini Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran cek fakta, klaim tepung terigu berkhasiat mengobati lukan bakar akibat minyak panas adalah salah. Faktanya, tidak ada kandungan zat tertentu dalam tepung terigu yang berfungsi mengobati luka bakar. 

Spelialis bedah plastik dari RSU Bunda dr Vera Ikasari SpBP mengatakan bahwa untuk menangani luka bakar ringan maka pertolongan pertama ialah dengan menggunakan air mengalir dari kran selama 30-40 menit.

“Untuk luka bakar ringan (grade 1 dan grade 2 a), pertolongan pertamanya yaitu diguyur air yang mengalir dari keran selama 30-40 menit. Jangan diberi odol, tepung, kecap, mentega. Paling bagus diberi es,” papar dr Vera seperti dilansir Detik.com


dr Vera menjelaskan, guyuran air keran yang mengalir dimaksudkan agar suhu air selalu konstan, tidak mengikuti suhu tubuh. Tujuannya, agar panas tidak masuk dan menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

“Karena biasanya proses luka bakar belum selesai. Kalau sekarang tersiram air panas, melepuh tapi dibiarkan, besok lepuhnya akan semakin lebar. Itu karena proses luka bakarnya terus terjadi. Nah, air mengalir atau es ini fungsinya untuk menghentikan panas dan luka bakarnya tidak semakin parah,” jelas dia.


Kesimpulan:
Klaim tepung terigu berkhasiat mengobati lukan bakar akibat minyak panas adalah salah. Faktanya, tidak ada kandungan zat tertentu dalam tepung terigu yang berfungsi mengobati luka bakar. 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.



[Cek Fakta] Pertolongan Pertama Luka Bakar dengan Tepung Terigu Hoaks, Begini Faktanya


Referensi:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2420831/begini-pertolongan-pertama-saat-kena-luka-bakar
https://turnbackhoax.id/2021/11/04/salah-pertolongan-pertama-luka-bakar-dengan-tepung-terigu/


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id