[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Polri Terlibat Mendukung ISIS? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 07 April 2021 12:16 WIB
    [Cek Fakta] Polri Terlibat Mendukung ISIS? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terlibat menjadi pendukung ISIS. Polri mengirim anggotanya untuk menjadi pelatih perang anggota ISIS di Irak dan Suriah.

    Akun facebook Syam Siar membagikan narasi ini pada 4 April 2021. Berikut narasi yang diunggah.
     

    "Jangan Lupakan Rezim ini dengan Brigadir Syahputra anggota POLRI yang jadi Komandan dan pelatih perang Tentara ISIS di Suriah dan Irak?! *FAKTA MEMBUKTIKAN* Polisi sendirilah yang justru *JELAS-JELAS* terlibat mendukung teroris ISIS! Brigadir Syahputra adalah anggota Polri dan punya KTA (Kartu Tanda Anggota) POLRI! 
    Jika rezim nekad mengkriminalisasikan HRS dan para Tokoh tersebut, dunia internasional jadi tau..  Jokowi seorang pelanggar HAM berat karena melindungi para pembunuh dan membela kepentingan para pembunuh yang geram karena kejahatan mereka diungkap oleh HRS dan para Tokoh."


    Unggahan ini mendapatkan respon dari 24 warganet. Serta 52 komentar dan empat kali dibagikan ulang.






    [Cek Fakta] Polri Terlibat Mendukung ISIS? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Polri terlibat menjadi pendukung ISIS adalah salah. Faktanya, anggota Polri yang bergabung dengan ISIS di Suriah sudah dipecat.

    Dilansir dari merdeka.com, Brigadir Syahputra anggota Polres Batang Hari, Jambi menjadi militan kelompok Negara Islam Irak dan Syam (ISIS). Dia dikabarkan tewas akibat serangan bom oleh jet tempur Amerika Serikat di kawasan Tal Tamer, Al-Barakah, Suriah pada 2015 lalu. 

    Kabid Humas Polda Jambi saat itu AKBP Almansyah mengatakan Syahputra sudah dipecat dari tugas kepolisian Polres Batang Hari. Syahputra dipecat lantaran disersi (meninggalkan tugas) berbulan-bulan tanpa alasan yang jelas.

    Dia juga menuturkan, saat pihaknya melakukan pelacakan Syahputra berada di Medan dan kemudian pergi ke Malaysia. "Pelacakan terakhir pulang ke Medan kemudian beliau ke Malaysia," katanya.

    [Cek Fakta] Polri Terlibat Mendukung ISIS? Ini Faktanya

    Dilansir kompas.com, Kapolri saat itu Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan, Brigadir Syahputra sudah mengundurkan diri dari Kepolisian. Syahputra meninggalkan dinas sejak Februari 2015. 

    "Yang bersangkutan diketahui sudah meninggalkan tempatnya bertugas sejak Februari 2015. Ia kemudian berpamitan kepada istrinya, dan mengatakan bahwa ia akan pergi ke tempat orang tuanya di Medan, Sumatera Utara," ujar Badrodin.

    Hal itu disampaikan Badrodin ketika dimintai tanggapan pemberitaan bahwa Syahputra, anggota Polres Batanghari diduga bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan tewas di Suriah. Setelah meninggalkan tempatnya bertugas, Syahputra diketahui meninggalkan sebuah surat wasiat, yang menyatakan bahwa seluruh hartanya diberikan ke anaknya. Syahputra ternyata juga menceraikan istrinya.

    [Cek Fakta] Polri Terlibat Mendukung ISIS? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Polri terlibat menjadi pendukung ISIS adalah salah. Faktanya, anggota Polri yang bergabung dengan ISIS di Suriah sudah dipecat.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Polri Terlibat Mendukung ISIS? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://archive.fo/fvDKU
    2.https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-jambi-yang-tewas-dibom-as-sudah-lama-dipecat-karena-disersi.html
    3.https://nasional.kompas.com/berita/13341261-Ini.Penjelasan.Kapolri.soal.Polisi.yang.Dikabarkan.Tewas.di.Suriah.


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id