[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Foto Sejumlah Anggota PKI Angkat Senjata? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 02 Juni 2020 13:01 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Foto Sejumlah Anggota PKI Angkat Senjata? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi di media sosial
    Beredar sejumlah foto memperlihatkan beberapa orang menggunakan masker berlogo palu dan arit. Mereka berpose dengan mengangkat senjata di suatu tempat, seperti di sebuah hutan.

    Muncul anggapan bahwa mereka adalah sejumlah penganut paham komunis di Indonesia atau PKI. Adalah akun facebook Monalisa Felix Montoya yang turut mengunggah sejumlah foto tersebut. 

    "Mereka itu ikut2 an apa krn emng gk fham sejarah x yaa..
    Ataw apa emang ank cucunyaa para pki...,"
    tulis akun Monalisa Felix Montoya, Minggu 31 Mei 2020.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Sejumlah Anggota PKI Angkat Senjata? Ini Faktanya


    Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 527 emotikon, 104 komentar dan 259 kali dibagikan. Berikut sejumlah komentar yang muncul:

    "Aparat ke amanan..meuneung bae...," tulis akun facebook Meity Sukmawati, Minggu 31 Mei 2020 pukul 13.01.

    "Makanya habisi PKI dari induk sampai keturunan nya dr pd akhirnya bersemi kembali..," tulis akun Susanto Ndari, Minggu 31 Mei 2020 pukul 12.29.

    "Mereka sudah berani menampakan diri, berarti mereka sudah siap," tulis akun Olid Rosses, Minggu 31 Mei 2020 pukul 12.56.


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto memperlihatkan sejumlah orang yang mengangkat senjata merupakan kegiatan penganut paham komunis di Indonesia atau PKI, adalah salah. Faktanya, dua dari tiga foto yang beredar di facebook itu memperlihatkan peristiwa di Filipina.

    Dilansir Getty Images, foto itu memperlihatkan kegiatan gerilyawan tentara rakyat baru (NPA) di sebuah pedalaman terpencil Provinsi Mountain, Filipina pada Minggu 2 April 2017. NPA adalah organisasi sayap bersenjata Partai Komunis Filipina.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Sejumlah Anggota PKI Angkat Senjata? Ini Faktanya


    [Cek Fakta] Beredar Foto Sejumlah Anggota PKI Angkat Senjata? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto memperlihatkan sejumlah orang yang mengangkat senjata merupakan kegiatan penganut paham komunis di Indonesia atau PKI, adalah salah. Faktanya, dua dari tiga foto yang beredar di facebook itu memperlihatkan peristiwa di Filipina.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    Referensi
    1.https://www.gettyimages.no/detail/news-photo/platoon-of-guerilla-fighters-from-the-chadli-molintas-news-photo/664780370?adppopup=true&uiloc=thumbnail_more_from_this_event_adp&uiloc=thumbnail_more_from_this_event_adp
    2.https://www.gettyimages.no/detail/news-photo/ka-guillen-and-ka-nancy-raise-their-firearms-in-salute-with-news-photo/665100686?adppopup=true&uiloc=thumbnail_more_from_this_event_adp


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
     

     



    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id