[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Dikabarkan Hapus Mata Pelajaran Sejarah? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 22 September 2020 08:57 WIB
    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Dikabarkan Hapus Mata Pelajaran Sejarah? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar kabar yang menyebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan menghapus mata pelajaran sejarah. Kabar itu beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Diana Damai P turut membagikan informasi itu pada 21 September 2020. Pada unggahannya, akun itu mengunggah narasi bertuliskan sebagai berikut:
     

    "Pelajaran sejarah mau dihapus oleh mas menteri .. apa gak inget ada semboyan "bangsa yg besar tidak pernah lupa sejarahnya .." Mungkin dia lupa .. ????????"


    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Dikabarkan Hapus Mata Pelajaran Sejarah? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Mendikbud Nadiem akan menghapus mata pelajaran sejarah adalah salah. Kabar itu telah dibantah langsung oleh Nadiem.

    Dilansir dari pemberitaan Medcom.id melalui artikel berjudul "Klarifikasi Nadiem Soal Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah" dimuat pada 20 September 2020,  Nadiem mengaku terkejut dengan isu tersebut, kemudian dia memberi klarifikasi untuk meluruskan terhdadap isu yang begitu cepat menyebar. 

    "Tidak ada sama sekali kebijakan, regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran Sejarah di kurikulum nasional," tegas Nadiem dalam video klarifikasinya, Minggu, 20 September 2020.
     
    Isu ini muncul, kata Nadiem, berawal dari adanya salah satu presentasi internal yang keluar ke masyarakat dengan salah satu permutasi penyederahanaan kurikulum. Padahal kata Nadiem, Kemendikbud memiliki puluhan versi berbeda yang saat ini sedang melalui proses pembahasan di Forum Discussion Group (FGD) dan uji publik.

    "Semuanya belum tentu permutasi tersebut yang menjadi final. Inilah yang namanya pengkajian yang benar, di mana berbagai opsi diperdebatkan secara terbuka," tegas Nadiem.
      
    Mantan Bos Gojek ini juga menegaskan, bahwa penyederhanaan kurikulum tidak akan dilakukan hingga 2022. "Di kurikulum 2021 kami baru akan melakukan berbagai prototyping di beberapa sekolah penggerak yang terpilih, dan bukan diterapkan dalam skala nasional. Jadi sekali lagi, tidak ada kebijakan apapun yang keluar di 2021 dalam skala kurikulum nasional, apalagi penghapusan mata pelajaran sejarah," tandas Nadiem.
     
    Nadiem juga menyampaikan hal yang menurutnya tak kalah mengejutkan tentang dirinya yang dipertanyakan komitmennya terhadap sejarah kebangsaan Indonesia. Padahal menurutnya, yang terjadi adalah ia ingin memajukan pendidikan sejarah agar kembali relevan dan kembali menarik untuk anak-anak generasi bangsa.
     
    "Kakek Saya adalah salah satu toko pejuang dalam kemerdekaan di 1945. Ayah dan Ibu saya adalah aktivis nasional untuk membela hak asasi rakyat indonesia dan berjuang melawan koruspi. Anak-anak Saya tidak akan tahu bagaimana melangkah ke masa depan atau mengetahui dari mana mereka datang, misi Saya sebagai menteri malah kebalikan dari isu yang berkembang," beber Nadiem.


    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Dikabarkan Hapus Mata Pelajaran Sejarah? Cek Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Mendikbud Nadiem akan menghapus mata pelajaran sejarah adalah salah. Kabar itu telah diklarifikasi oleh  oleh Nadiem.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Menteri Nadiem Dikabarkan Hapus Mata Pelajaran Sejarah? Cek Faktanya


    Referensi:
    https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/4bamAQ2b-klarifikasi-nadiem-soal-penghapusan-mata-pelajaran-sejarah?p=all
    https://archive.md/mGS1H


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id