comscore

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Perintahkan Perang Melawan Malaysia? Cek Faktanya

Wanda Indana - 04 Agustus 2022 17:47 WIB
[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Perintahkan Perang Melawan Malaysia? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Beredar sebuah video disertai narasi yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perang terhadap Malaysia. Video ini beredar di media sosial. 

Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Senin, 25 Juli 2022. Video itu memperlihatkan pidato Jokowi sedang berpidato. Video itu juga menampilkan sejumlah anggota TNI yang tengah berbaris membawa senjata.
Pada unggahan videonya, akun itu menyerakan narasi sebagai berikut:
 

"Ketika Malaysia keterlaluan maka Jokowi turunkan perintah perang,”


Benarkah Presiden Jokowi menyatakan perang melawan Malaysia? Berikut cek faktanya. 

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Perintahkan Perang Melawan Malaysia? Cek Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Presiden Jokowi menyatakan perang melawan Malaysia adalah salah. Faktanya, video yang beredar telah diedit.

Melaui reverse image search, video yang sama diunggah kanal YouTube Kementerian Sekretariat Negera RI berjudul "Presiden Jokowi: Kejar Pengedar Narkoba! Tangkap! atau Bahkan di Dor Saja!".

Dalam video aslinya, Jokowi menyampaikan pidato tersebut pada Hari Anti Narkotika Internasional pada 2016. Dalam pidato tersebut, Jokowi menyerukan untuk berperang melawan narkoba beserta pengedarnya.

Video yang tersebut di Facebook telah diedit dengan menghilangkan bagian-bagian yang merujuk pada narkoba dan pengedar narkoba. Sehingga, video tidak utuh dan berpotensi disalahartikan bahwa Jokowi menyatakan perang melawan Malaysia. Padahal, pidato aslinya peran melawan narkoba.

Sementara itu, klip video anggota TNI dalam video yang beredar, identik dengan video yang diunggah akun YouTube Korem 072 Pamungkas. Video itu merupakan pengecekan kesiapan prajurit untuk melaksanakan Satgas Pamtas RI-PNG sektor utara Wilayah Papua tahun 2021.

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa Presiden Jokowi menyatakan perang melawan Malaysia adalah salah. Faktanya, video yang beredar telah diedit.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Perintahkan Perang Melawan Malaysia? Cek Faktanya

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=quXrsXK5nMQ&t=397s
https://www.youtube.com/watch?v=3r-Wor6uero

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id