comscore

[Cek Fakta] Beredar Foto Seorang Anak Lolos dari Penculikan? Begini Faktanya

Wanda Indana - 15 Desember 2021 13:10 WIB
[Cek Fakta] Beredar Foto Seorang Anak Lolos dari Penculikan? Begini Faktanya
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Beredar foto seorang anak yang diklaim korban penculikan di Desa Ilomata, Kabupaten Gorontalo. Foto itu beredar di media sosial. 

Akun Facebook Handayani Tompoh ikut membagikan foto itu pada Rabu, 1 Desember 2021. Akun itu mengunggah sejumlah gambar, salah satunya memperlihatkan gambar tangkapan layar unggahan akun Facebook Nasir Amu menunjukkan kolase foto seorang anak laki-laki dalam posisi telentang, dan gambar luka sayatan pada tangan si anak. 

 



Pada tangkapan layar tersebut terdapat narasi sebagai berikut:
 

"Penculikan anak sudah meraja leleh,kejadian ini terjadi di ilomata,kb.gorontalo,anak in di culik dengan mengunakan mobil,untungnya anak ini bisa meloloskan diri dari penculikan,lihat tangan anak ini,terluka karena berusaha untuk meloloskan diri dri penculikan.”



Benarkah foto yang beredar memperlihatkan anak kecil yang lolos dari penculikan? Berikut cek faktanya.


[Cek Fakta] Beredar Foto Seorang Anak Lolos dari Penculikan? Begini Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan anak kecil yang lolos dari penculikan adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak kepolisian.

Foto identik diunggah situs detotabuan.com pada artikel berjudul "Kabar Percobaan Penculikan Anak di Pinolosian Ternyata Hoax" dimuat 27 Oktober 2020. Pada artikel itu dijelaskan, anak laki-laki pada gambar yang beredar bukan diculik, anak tersebut terluka pada bagian tangannya akibat terkena pecahan botol. Karena takut akan dimarahi, anak itu pun mengarang cerita dengan mengaku bahwa ia menjadi korban penculikan.

Pula, lokasi kejadian juga bukan di Gorontalo, melainkan di Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pada tahun 2020. Fakta itu terungkap dari hasil investigasi Anggota Satreskrim Polres Bolsel bersama 2 anggota Polsek Pinolosian. Korban anak berinisial M (7) dan orang tuanya kemudian di arahkan menuju Polsek Pinolosian untuk membuat laporan polisi.

“Setelah korban (M) berada di Polsek, kemudian dilakukan interogasi oleh Piket Reskrim Res Bolsel dan mendapatkan keterangan bahwa korban luka korban bukan karena akan di culik, namun korban sedang bermain sambil berlari, lalu jatuh tersungkur ketanah dan jari telunjuk kiri dari korban kena pecahan beling yang mengakibatkan luka robek,” ujar Kasat Reskrim Polres Bolsel, IPTU, Sahroni Rasyid.

Terkait hal itu, Kapolres Bolsel AKBPM. Yuli Kurnianto, SIK mengimbau masyarakat untuk tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Ada dua hal yang bisa dijerat UU ITE. Pertama, berita atau Informasi yang ada kejadian tapi dibuat narasi tidak sesuai serta meresahkan dan provokatif. Kedua, Berita yang tidak ada kejadian tetapi meresahkan dan provokatif, itu masuk kategori berita bohong bisa diterjerat UU ITE,” tegas Kapolres.


[Cek Fakta] Beredar Foto Seorang Anak Lolos dari Penculikan? Begini Faktanya


Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan anak kecil yang lolos dari penculikan adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak kepolisian.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


[Cek Fakta] Beredar Foto Seorang Anak Lolos dari Penculikan? Begini Faktanya


Referensi:
-https://detotabuan.com/2020/10/kabar-percobaan-penculikan-anak-di-pinolosian-ternyata-hoax/https://detiksulawesi.com/2020/10/26/informasi-penculikan-anak-di-bolsel-hoax/
-https://manado.tribunnews.com/2020/10/27/polres-bolsel-pastikan-informasi-penculikan-anak-di-pinolosian-hoaxhttps://detiksulawesi.com/2020/10/26/informasi-penculikan-anak-di-bolsel-hoax/
-https://manado.tribunnews.com/2020/10/27/polres-bolsel-pastikan-informasi-penculikan-anak-di-pinolosian-hoax



*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id