[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Poster Pelajar STM Ikut Bergerak Tolak UU Cipta Kerja? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 07 Oktober 2020 13:01 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Poster Pelajar STM Ikut Bergerak Tolak UU Cipta Kerja? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan poster terkait demo penolakan UU Cipta Kerja alias Omnibus Law. Disebutkan, pelajar Sekolah Teknik Menengah (STM) ikut bergerak mengikuti demonstrasi bersama kaum buruh menolak UU Cipta Kerja.

    Adalah akun Facebook Elang Elang turut membagikan foto itu pada Selasa, 6 Oktober 2020. Pada foto poster tersebut terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:

    "Panggilan kepada seluruh

    STM
    SEJABODETABEK 

    GEDUNG DPR" 



    [Cek Fakta] Beredar Poster Pelajar STM Ikut Bergerak Tolak UU Cipta Kerja? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim pada poster yang beredar bahwa pelajar STM ikut demonstrasi bersama buruh menolak UU Cipta Karya adalah salah. Klaim tersebut telah dibantah pihak kepolisian. 

    Dilansir Detik.com melalui artikel berjudul "Beredar Broadcast 'STM Bergerak' Aksi di DPR Besok, Polisi: Tidak Benar", Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

    "Tidak benar. Nggak ada kok itu, nggak ada. Aman-aman," kata Kombes Yusri Yunus ketika dihubungi wartawan, Selasa 6 Oktober 2020. 

    Yusri memastikan pihaknya tetap melakukan pengamanan di depan DPR untuk mengantisipasi adanya unjuk rasa. Dia menyebutkan personel gabungan baik dari Polda, Polres hingga TNI masih siaga di lapangan.

    "Ya sama kita sampaikan kemarin. Kita siap-siap, iya. Bahwa ini dipastikan aman dan kondusif," jelasnya.

    Selain itu, Yusri juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, baik dari elemen buruh maupun mahasiswa untuk menahan diri tidak melakukan demo di tengah pandemi virus korona yang masih tinggi di Jakarta.

    "Kita imbau nggak ke mana-mana, jangan turun. Jangan jadi klaster baru. Masyarakat juga kan mengharapkan jangan ada demo-demo, jangan menganggu kamtibmas, jangan menganggu arus lalu lintas. Makanya selebaran-selebaran janganlah, nggak benar itu," ungkap Yusri.


    [Cek Fakta] Beredar Poster Pelajar STM Ikut Bergerak Tolak UU Cipta Kerja? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim pada poster yang beredar bahwa pelajar STM ikut demonstrasi bersama buruh menolak UU Cipta Karya adalah salah. Klaim tersebut telah dibantah pihak kepolisian. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Beredar Poster Pelajar STM Ikut Bergerak Tolak UU Cipta Kerja? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://archive.md/UL87f
    https://news.detik.com/berita/d-5202427/beredar-broadcast-stm-bergerak-aksi-di-dpr-besok-polisi-tidak-benar


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id