[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mundur? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 13 April 2021 12:47 WIB
    [Cek Fakta] Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mundur? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mundur dari jabatannya. Video beredar di youtube.

    Kanal youtube Warung Politik membagikan video ini pada 13 April 2021. Video berjudul "AKHIRNYA DIIKHLASKAN KEPERGIANNYA ~ NEWS TERKINI POLRI KAPOLRI JOKOWI MEGAWATI" telah ditonton 16 ribu orang.






    Dalam halaman sampul vidoe tersebut terdapat kutipan sebagai berikut. "Terbongkar Penggantinya Akhirnya Kapolri Mundur Jokowi Dibuat Syok dengan Pernyataanya".

    [Cek Fakta] Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mundur? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mundur dari jabatannya. Faktanya, Jenderal Listyo Sigit hanya mundur sebagai Sekjen PBSI.

    dilansir detik.com, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mundur dari posisi Sekjen PBSI. Kapolda Metro Jaya Jenderal Polisi Mohammad Fadil Imran jadi kandidat pengganti.
    Nama Listyo sebenarnya masih tercantum saat pelantikan PP PBSI, Jumat, 9 April 2021. Nama Listyo sempat diumumkan sebagai Sekjen PBSI.

    Namun Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna memberikan penjelasan soal Listyo. Kata Agung, Listyo sudah mengundurkan diri sehari sebelum pelantikan PP PBSI.

    Adapun Listyo memang harus mengundurkan diri atau diberhentikan dari jabatannya di PB PBSI. Dalam AD/ART PBSI pasal 14 ayat 2 butir g menyebutkan Semua jabatan di Pengurus Pusat/Pengurus Provinsi/Pengurus Kabupaten/Kota tidak boleh rangkap jabatan di semua tingkatan cabang olahraga lain selain cabang olahraga bulutangkis.

    Sementara itu, Listyo baru saja terpilih menjadi Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) periode 2021-2025 per 3 April lalu. Karena jabatan di ISSI itulah yang membuat Listyo tak bisa rangkap jabatan di PBSI.

    [Cek Fakta] Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mundur? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mundur dari jabatannya. Faktanya, Jenderal Listyo Sigit hanya mundur sebagai Sekjen PBSI.

    Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.

    Referensi:
    1.https://sport.detik.com/raket/d-5526328/kapolri-mundur-dari-sekjen-pp-pbsi-kapolda-metro-jaya-kandidat-pengganti
    2.https://www.youtube.com/watch?v=Cj42k34tzmk


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id