[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Jatuh? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 11 Januari 2021 19:34 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Jatuh? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
    Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan detik-detik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Video itu beredar di media sosial, terutama di platform berbagi video YouTube.  

    Kanal YouTube putraams07 turut membagikan video tersebut pada 10 Januari 2021. Video berdurasi 47 detik itu tampak sebuah pesawat berwarna putih terbang rendah hingga akhirnya menghantam lautan. Oleh pemilik kanal, video itu diberi judul sebagai berikut:
     

    "Detik-detik pesawat Sriwijaya jatuh terekam oleh nelayan". 


    Benarkah video tersebut memperlihatkan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu? Berikut cek faktanya.


    [Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Jatuh? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan detik-detik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 adalah salah. Faktanya, video yang beredar adalah video lama yang tidak ada hubungannya dengan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 

    Melalui reverse image, ditemukan video identik, salah satunya diunggah kanal YouTube bereket negasi berjudul "An Ethiopian Airlines crash tn 1996 | the worst Hijacked Plane Disaster" diunggah pada 10 Maret 2019. Pada video dijelaskan bahwa pesawat yang terjatuh adalah maskapai Ethiopian Airlines yang terjadi pada 1996. 


    [Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Jatuh? Ini Faktanya


    Penelusuran dilanjutkan dengan kata kunci "Kecelakann Ethiopian Airlines 1996" pada mesin pencari. Hasil pencarian mengarahkan pada artikel yang flightglobal.com berjudul "1996 spawns worst-ever accident totals" dimuat pada 15 Januari 1997. Pada artikel itu dijelaskan pada tanggal 23 November 1996, pembajakan pesawat terjadi pada Ethiopian Airlines 767 mengakibatkan kematian 128 orang ketika pilot terpaksa mendaratkan pesawat di dekat Kepulauan Comoros.


    [Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Jatuh? Ini Faktanya


    Artikel serupa juga dimuat CNBC Indonesia melalui artikel berjudul "Ethiopian Airlines, Pernah Jatuh di Laut dan Dibajak" dimuat 10 Maret 2019. Pada artikel dijelaskan, kejadian menyedihkan pertama yang menimpa Ethiopian Airlines ialah pembajakan penerbanga pada tahun 1996.

    Flightglobal dan Flight International mencatat, Ethiopian Airlines penerbangan 961 pada saat itu akan melayani rute Addis Ababa-Nairobi-Brazzaville-Lagos-Abidjan. Pada 23 November 1996, pesawat Boeing 767-200ER itu pun dibajak dalam perjalanan dari Addis Ababa ke Nairobi oleh tiga orang Ethiopia yang mencari suaka di Australia. Pesawat itu lalu mendarat di Samudra Hindia dekat Grande Comore, Kepulauan Komoro, karena kehabisan bahan bakar. Sebanyak 125 dari 175 penumpang dan awak kapal, termasuk tiga pembajak, tewas.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan detik-detik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 adalah salah. Faktanya, video yang beredar adalah video lama yang tidak ada hubungannya dengan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.  

    Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Pesawat Sriwijaya SJ 182 Jatuh? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.flightglobal.com/1996-spawns-worst-ever-accident-totals/786.article
    https://www.cnbcindonesia.com/news/20190310180500-4-59738/ethiopian-airlines-pernah-jatuh-di-laut-dan-dibajak
    https://archive.md/RpXyB


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

    Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini:https://bit.ly/2H42ayb




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id