Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Video Jokowi Langgar Aturan Larangan Mudik? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 13 Mei 2021 15:02 WIB
    [Cek Fakta] Video Jokowi Langgar Aturan Larangan Mudik? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah video memperlihatkan rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Solo, Jawa Tengah. Video ini beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Devan Baskara yang turut mengunggah video itu, Rabu 12 Mei 2021. Akun facebook Riko Efendi turut membagikan video itu dengan memberikan narasi terkait larangan mudik.

    "Dia yg larang, dia yg melanggar," tulis akun Riko Efendi, Kamis 13 Mei 2021.

     



    [Cek Fakta] Video Jokowi Langgar Aturan Larangan Mudik? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan Presiden Jokowi mudik dalam momentum Idulfitri 1442 H atau 2021 ini, adalah salah. Faktanya, itu video lama.

    Video itu sebenarnya peristiwa pada Juni 2017 silam. Jelas pada waktu itu, tidak ada larangan mudik. Kala itu, semua negara di dunia belum diserang Pandemi Covid-19.

    Hal itu bisa dilihat dari video yang diunggah kanal YouTube Official NET News pada 27 Juni 2017. Video itu berjudul "Presiden Jokowi Pulang Kampung - Net 16".


    [Cek Fakta] Video Jokowi Langgar Aturan Larangan Mudik? Ini Faktanya



    Dilansir Medcom.id, Presiden Jokowi dan keluarga menggelar salat Idulfitri 1442 H di halaman gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 13 Mei 2021. 

    Adapun khatib dan imam salat adalah Serda Ridwan Payopo. Payopo sehari-hari bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

    Dalam khotbahnya, Serda Payopo menyampaikan bahwa menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT.  

     
    "Kita harus bersabar menerima kenyataan ini karena pada dasarnya, apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama dan pihak berwenang yang pada intinya bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah suatu penyakit (covid-19)," kata Serda Payopo.

     
    Ia juga berharap ramadan tahun ini menjadikan segalanya lebih baik. "Oleh sebab itu di tengah tantangan lebih berat ini kita selalu istiqomah dengan mempertahankan rutinitas ibadah yang kita lakukan di bulan ramadan," ungkap Serda Payopo.
     

    [Cek Fakta] Video Jokowi Langgar Aturan Larangan Mudik? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video itu memperlihatkan Presiden Jokowi mudik dalam momentum Idulfitri 1442 H atau 2021 ini, adalah salah. Faktanya, itu video lama.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Video Jokowi Langgar Aturan Larangan Mudik? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.youtube.com/watch?v=Cf90Ily9y04
    https://www.facebook.com/rico.slow.5/posts/4066278130131930
    https://m.medcom.id/nasional/peristiwa/Wb7xgzak-presiden-salat-id-di-istana-bogor-dan-pesan-kesabaran-menghadapi-covid-19
    https://m.medcom.id/foto/news/ObzZ60lb-momen-jokowi-dan-iriana-salat-idulfitri-di-halaman-istana-bogor


    Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id