[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Pasien Covid-19 Menyedihkan di Malaysia? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 07 Juni 2021 17:35 WIB
    [Cek Fakta] Video Pasien Covid-19 Menyedihkan di Malaysia? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah video yang memperlihatkan kondisi pasien covid-19 yang memprihatinkan. Diklaim, video itu direkam di Malaysia. 

    Akun Facebook Ngatino Tino membagikan video itu pada Selasa, 1 Juni 2021. Video itu terlihat memperlihatkan para pasien dirawat di halaman luar rumah sakit. Akun itu menambahkan narasi pada unggahannya, bertuliskan sebagai berikut:
     

    “MALAYSIA MENYEDIHKAN LUR.. TETAP JAGA PROTOKOL KESEHATAN SI KADRUN NGEYEL BIAR MODAR GAK APA.”

     



    [Cek Fakta] Video Pasien Covid-19 Menyedihkan di Malaysia? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan kondisi pasien covid-19 yang menyedihkan di Malaysia adalah salah. Faktanya, video tersebut terjadi di Taiwan. 

    Ditemukan video serupa yang diunggah kanal YouTube saluran televisi lokal Formosa TV melalui video berjudul "Pasien darurat dirawat  di luar ruangan? Medis: Skrining luar ruangan mengurangi risiko" diunggah pada 31 Mei 2021. Formosa TV juga mengunggah video yang sama pada situs mereka ftvnews.com

    Rekaman video itu diambil oleh selah seorang warga yang melewati Rumah Sakit Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taipei. Video itu menyebabkan warga lokal gempar. Banyak warga menyayangkan layanan medis garis depan hampir runtuh. Rumah sakit mengeluarkan permintaan maaf sebelumnya, menyatakan bahwa orang-orang yang disaring di ruang gawat darurat harus menunggu hasil tes (covdi-19). Mereka berada di luar ruangan. Rumah sakit berjanji memasang tirai di area tenda untuk menjaga privasi pasien. 

    Ketua Persatuan Dokter Industri Medis Nasional, Wu Xindai menunjukkan bahwa video serupa telah terlihat di rumah sakit lain di Taipei dalam beberapa hari. Bahkan, sebelum hasil tes skrining, mereka pada dasarnya harus menunggu di luar ruangan untuk mengurangi risiko infeksi. Dilihat dari kepadatan saat ini di unit gawat darurat di Taipei, orang-orang harus siap secara psikologis, dan unit gawat darurat mungkin tidak secepat dan senyaman sebelumnya. 


    [Cek Fakta] Video Pasien Covid-19 Menyedihkan di Malaysia? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihatkan kondisi pasien covid-19 yang menyedihkan di Malaysia adalah salah. Faktanya, video tersebut terjadi di Taiwan. 

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Video Pasien Covid-19 Menyedihkan di Malaysia? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.youtube.com/watch?v=8yukFC8VMEU
    https://www.ftvnews.com.tw/news/detail/2021531W0065
    https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/06/06/2021/cerita-covid-19-malaysia-kok-pakai-video-taiwan/


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id