[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] 7 dari 10 Orang di Amerika Serikat Tolak Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 03 Juni 2021 17:25 WIB
    [Cek Fakta] 7 dari 10 Orang di Amerika Serikat Tolak Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter



    Beredar kabar yang menyebutkan 7 dari 10 orang di Amerika Serikat menolak vaksinasi covid-19. Diklaim, informasi ini berasal dari hasil survei Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). 

    Akun Twitter @jobrannon turut membagikan kabar itu pada 23 Mei 2021. Akun itu membuat cuitan bertuliskan sebagai berikut:
     

    "Turns out CDC quietly released data showing that 7 out of 10 Americans are declining the experimental gene therapy. 

     



    Terjemahan:

    "Ternyata CDC diam-diam merilis data yang menunjukkan bahwa 7 dari 10 orang Amerika menolak terapi gen eksperimental."



    [Cek Fakta] 7 dari 10 Orang di Amerika Serikat Tolak Vaksin Covid-19? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa CDC mengeluarkan hasil survei yang menyebutkan 7 dari 10 orang di Amerika Serikat menolak vaksinasi covid-19 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak CDC. 

    Juru bicara CDC Kristen Nordlund mengatakan tidak ada laporan atau data dari CDC terkait survei seperti pada unggahan yang beredar di media sosial. Klarifikasi itu dimuat US Today melalui artikel berjudul "Fact check: No, the CDC did not release data showing 7 in 10 Americans are declining COVID-19 vaccine" tanyang 31 Mei 2021. 

    Pada artikel itu, Nordlund tidak mengetahui data survei yang dimaksud. Nordlund menunjuk dua laporan dari CDC. Pertama, laporan dari Februari tentang maksud dan alasan vaksinasi covid-19 untuk tidak memvaksinasi di antara kelompok yang diprioritaskan untuk vaksin awal. Kedua, laporan pada 11 Mei tentang faktor demografis dan sosial yang terkait dengan inisiasi vaksin covid-19 di antara orang dewasa 65 tahun ke atas.

    Sementara itu, di sisi lain, memang ada survei per 10 Mei 2021 dari Biro Sensus Rumah Tangga AS yang menunjukkan hanya 11,4 persen penduduk AS dalam kategori dewasa yang masih ragu-ragu untuk menerima vaksin. Lalu, pada survei yang dirilis pada 6 Mei 2021, menunjukkan sebanyak 22 persen orang berusia 18 hingga 64 tahun di AS masih ragu dengan vaksin korona. Angka itu turun dibandingkan pada Januari yang mencapai 27,5 persen. 



    [Cek Fakta] 7 dari 10 Orang di Amerika Serikat Tolak Vaksin Covid-19? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa CDC mengeluarkan hasil survei yang menyebutkan 7 dari 10 orang di Amerika Serikat menolak vaksinasi covid-19 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak CDC. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] 7 dari 10 Orang di Amerika Serikat Tolak Vaksin Covid-19? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/05/31/fact-check-false-claim-cdcs-covid-19-vaccine-hesitancy-data/5262978001/
    https://archive.md/wip/wUahj


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id