[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kabar-Kabar Bohong Pekan Ini

    M Rodhi Aulia, Wanda Indana - 17 Mei 2020 09:58 WIB
    [Cek Fakta] Kabar-Kabar Bohong Pekan Ini
    Tangkapan layar kanal Cek Fakta Medcom.id
    Kabar palsu alias hoaks masih merajalela. Bahkan bisa menembus ruang-ruang. Sekalipun itu ruang beton yang super rahasia dan terbatas. Kerap tanpa disadari sampai dengan sendirinya di hadapan kita.
     
    Kabar itu bisa saja hadir dengan wujud baru. Atau modifikasi cerita lama yang pernah dibantah, juga pemaksaan hubungan yang sebenarnya satu sama lain, jalan sendiri-sendiri.
     
    Sekuat apapun kita, nyaris tidak bisa menolak kehadirannya yang misterius dan dadakan itu. Tapi kita bisa mengendalikannya. Kita benar-benar bisa.

    Antara lain melalui kanal Cek Fakta Medcom.id, Anda bisa mengetahuinya mana yang hoaks dan mana yang tidak hoaks. Berikut rangkuman lima kabar hoaks dari sejumlah kabar hoaks lainnya dalam sepekan terakhir periode 11-15 Mei 2020.



    1.[Cek Fakta] Video Penampakan Setiap Hari 30 TKA Tiongkok Tiba di Bandara Haluoleo? Ini Faktanya

    Klaim bahwa setiap hari sebanyak 30 TKA asal Tiongkok tiba di Indonesia melalui Bandara Haluoleo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, adalah salah. Faktanya video itu memperlihatkan peristiwa lama atau jauh sebelum pandemi covid-19.


    2.[Cek Fakta] Video Meteor Jatuh di Surabaya Hoaks, Ini Faktanya

    Klaim pada video bahwa meteor jatuh di Surabaya adalah salah. Kepala Lapan Thomas Djamaludin memastikan bahwa video yang beredar di media sosial tersebut merupakan video editan.


    3.[Cek Fakta] Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pamekasan? Ini Faktanya

    Klaim pada video bahwa seorang pasien covid-19 mengamuk di RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur, adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Probolinggo.


    4.[Cek Fakta] Benarkah Presiden Jokowi Bongkar Makam Ibunya?

    Klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membongkar makam almarhumah ibunda, Sujiatmi Notomiharjo, adalah salah. Faktanya tidak ada informasi valid mengenai hal itu.


    5.[Cek Fakta] Video Warga Hindu India Membuang Patung Dewa ke Sungai karena Korona? Ini Faktanya

    Klaim pada video bahwa warga Hindu India membuang patung dewa ke sungai karena tidak bisa menyelamatkan mereka dari pandemi covid-19 adalah salah. Faktanya, video tersebut sudah ada jauh sebelum wabah, dan tidak ada hubungannya dengan pandemi covid-19.


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
     

     



    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id