[Fakta atau Hoaks}

    [Cek Fakta] Menteri Agama Positif Covid-19 Disebut Hoaks? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 07 Oktober 2020 12:13 WIB
    [Cek Fakta] Menteri Agama Positif Covid-19 Disebut Hoaks? Ini Faktanya
    Tangkapan informasi palsu di grup WhatsApp
    Beredar sebuah narasi bahwa Menteri Agama Fachrul Razi yang dikabarkan positif covid-19, merupakan hoaks. Narasi ini beredar melalui grup WhatsApp, baru-baru ini. Berikut narasi selengkapnya:

    “Gawaaaaat yaaa kalau begitu !?!?!waspada jgn mau di paksin. Mentri agama kena kovid haya hoox biar rakyat di paksin. Waspadalah.”


    Narasi ini menyertai sebuah video yang berasal dari cuplikan tayangan salah satu stasiun televisi swasta. Pada tayangan itu disebutkan keraguan peneliti terkait vaksin covid-19 dan tidak ada kaitannya dengan Menteri Agama.


    [Cek Fakta] Menteri Agama Positif Covid-19 Disebut Hoaks? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Menteri Agama Fachrul Razi yang dikabarkan positif covid-19 merupakan hoaks, adalah salah. Faktanya, Fachrul memang benar sempat dinyatakan positif covid-19.

    Dilansir Medcom.id, Fachrul menjalani tes swab pada 17 September lalu. Kemudian pada 21 September 2020, Fachrul diumumkan positif covid-19.

    “Namun, Alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal seperti dilansir Medcom.id, Senin 21 September 2020.


    [Cek Fakta] Menteri Agama Positif Covid-19 Disebut Hoaks? Ini Faktanya


    Sebenarnya pada 20 September 2020, Fachrul sudah mulai menjalani perawatan di Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Sekitar 10 hari berselang, Fachrul dinyatakan sembuh dari covid-19.

    “Alhamdulillah, kemarin sore, (Rabu) 30 September, Menag sudah dinilai sembuh
    sehingga bisa kembali pulang,” kata Haikal, Kamis 1 Oktober 2020.



    [Cek Fakta] Menteri Agama Positif Covid-19 Disebut Hoaks? Ini Faktanya


    Terkait vaksin covid-19, pemerintah masih berupaya memastikan jaminan keamanan dan status kehalalannya. Pemerintah didampingi tim Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan berkunjung ke Tiongkok terkait hal tersebut pada pertengahan Oktober ini.

    “Agenda spesifiknya akan melakukan pengecekan terhadap vaksin itu, itu kan ada tim kesehatan yang ahli di bidangnya, tingkat akurasinya, tingkat bahayanya, semuanya kan harus dijamin aman itu. Tapi tidak hanya aman, tapi juga apakah halal atau tidak. Kalau misalnya prosesnya halal oke gak masalah, tapi kalau tidak halal, misalnya, maka itu bisa dalam kategori darurat, karena saat ini kondisinya berbahaya bila tidak ada vaksin,” kata Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi seperti dilansir Sindonews.com, Sabtu 3 Oktober 2020.



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Menteri Agama Fachrul Razi yang dikabarkan positif covid-19 merupakan hoaks, adalah salah. Faktanya, Fachrul memang benar sempat dinyatakan positif covid-19.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Menteri Agama Positif Covid-19 Disebut Hoaks? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/MkMGg9pN-menteri-agama-fachrul-razi-positif-covid-19
    https://m.medcom.id/nasional/peristiwa/8N0jpzMk-menteri-agama-fachrul-razi-sembuh-dari-covid-19?p=all
    https://nasional.sindonews.com/read/184822/15/luhut-terawan-hingga-mui-segera-ke-china-urus-vaksin-covid-19-1601727036


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id